kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri beri kredit Semen Gresik Rp 1,4 T


Jumat, 21 Maret 2014 / 14:12 WIB
Bank Mandiri beri kredit Semen Gresik Rp 1,4 T


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan fasilitas non cash loan senilai Rp 1,4 triliun kepada PT Semen Gresik. Fasilitas ini diberikan Bank Mandiri kepada salah satu anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dengan tenor 42 bulan.

Fasilitas tersebut akan digunakan untuk kelancaran proyek pembangunan pabrik semen baru di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dengan kapasitas tiga juta ton semen per tahun.

Penandatanganan fasilitas kredit dilakukan oleh Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman dengan Direktur Utama Semen Gresik Gatot Kustyadji dan disaksikan oleh Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Dwi Soetjipto.

Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman mengatakan, pinjaman ini merupakan salah satu upaya Bank Mandiri dalam mendukung ekspansi bisnis Semen Indonesia Group, khususnya Semen Gresik melalui peningkatan kapasitas produksi sehingga mampu menopang pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Langkah ini adalah bagian dari komitmen kami menyediakan pembiayaan yang dibutuhkan untuk menuntaskan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia melalui MP3EI sebagai upaya menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan," ungkap Abdul Rachman.

Catatan saja, pembiayaan sektor infrastruktur Bank Mandiri terus meningkat. Pada 2013, pembiayaan Bank Mandiri ke sektor konstruksi dan infrastruktur mencapai Rp 15,4 triliun.

Nilai tersebut tumbuh 30,5% dibanding periode yang sama tahun 2012. Sementara khusus untuk industri semen, kucuran kredit Bank Mandiri telah mencapai Rp 2,1 triliun atau tumbuh 9,6% dibanding 2012.

Beberapa proyek infrastruktur yang mendapat pembiayaan Bank Mandiri antara lain pembangunan jalan tol atas laut di Bali, pengembangan Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Kalibaru Tanjung Priok.

Selain penandatanganan kredit, juga dilakukan penandatanganan Corporate Guarantee oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk selaku holding company dari PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement di Vietnam dengan PT Bank Mandiri, sebagai jaminan atas dukungan induk kepada anak perusahaannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×