kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri gandeng Lombard Odier, targetkan jadi pemain besar wealth management


Senin, 16 April 2018 / 17:27 WIB
Bank Mandiri gandeng Lombard Odier, targetkan jadi pemain besar wealth management
Kerjasama Bank Mandiri dengan Lombard Odier


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk terus berinovasi dalam mengembangkan layanan untuk meningkatkan bisnis Private Wealth baik di dalam negeri maupun di Asia Tenggara. Sebagai langkah awal, Bank Mandiri menandatangani perjanjian kerja sama dengan Lombard Odier, bank terpercaya yang memiliki pengalaman internasional serta perusahaan asset and global wealth management terkemuka di dunia yang berpusat di Jenewa dengan pengalaman lebih dari 222 tahun di bidang wealth management dan memiliki total aset nasabah sebesar US$ 281 miliar.

Kerja sama dengan Lombard Odier memungkinkan Bank Mandiri untuk menawarkan produk dan layanan komprehensif dan menyeluruh kepada para nasabah yang sesuai dengan standar kelas dunia, namun tetap khas Indonesia.

Mandiri akan menawarkan layanan private wealth kelas atas secara meyeluruh, meliputi advisory investasi, layanan family services, yang mencakup perencanaan suksesi antar generasi, sampai advisory perpajakan. 

Produk yang ditawarkan akan berasal dari global funds yang dapat diakses oleh Lombard Odier dan Bank Mandiri, dengan pinsip investasi yang kuat berdasarkan profil risiko masing-masing nasabah.

Pada tahap awal, layanan ini akan tersedia di Indonesia dengan skema Pengelolaan Dana Nasabah Individual (PDNI) yang akan disesuaikan dengan profil risiko nasabah. Dalam waktu dekat, layanan ini juga akan tersedia di Singapura melalui Bank Mandiri Singapore Branch melalui Collective Investment Scheme product.

PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) sebagai bagian dari Mandiri Group mendukung kerja sama antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Lombard Odier dengan menyediakan solusi investasi offshore melalui PDNI. Solusi PDNI akan menyediakan akses kepada nasabah Private Banking untuk berinvestasi offshore, sebagai bentuk diversifikasi portofolio.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi mengungkapkan kerja sama ini merupakan langkah nyata dalam rangka meningkatkan layanan eksklusif kepada nasabah High Net Worth (HNW) di Indonesia dan di regional.

"Lewat kerjasama ini kami akan saling bantu, bukan joint venture. Diharapkan dengan ini fee based income (FBI) dari wealth management Bank Mandiri bisa cukup kontribusi ke bank," katanya saat ditemui di Jakarta, Senin (16/4).

Vincent Magnenat, Limited Partner dan CEO of Asia Pacific Lombard Odier menilai, Indonesia memiliki pasar yang menarik dalam hal onshore wealth management dan pihaknya menyambut positif dengan peluncuran kerja sama ini. "Kemitraan regional terbaru dengan Bank Mandiri, Bank Terbesar di Indonesia dalam hal aset, memperkuat komitmen kami kepada nasabah private onshore di wilayah Asia, terutama di Asia Tenggara di mana kami melihat potensi pertumbuhan yang besar dalam hal wealth management," katanya.

Lebih lanjut Vincent menjelaskan, pihak Lombard Odier berharap dapat menawarkan akses terhadap solusi investasi kelas dunia dan keahlian manajemen perusahaannya kepada nasabah Private Bank Mandiri.

Saat ini, Wealth Management Group Bank Mandiri mengelola lebih dari 51,400 nasabah dengan total dana kelolaan (FUM) sebesar Rp 192 triliun per akhir 2017 lalu, tumbuh 13.7% dibandingkan dengan periode sebelumnya pada tahun 2016. Sedangkan untuk segmen Private, Bank Mandiri saat ini mengelola 1762 nasabah utama dengan total dana kelolaan sebesar Rp 52 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×