kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45838,54   8,38   1.01%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Bank Mandiri sudah salurkan KUR sebesar Rp 19,6 triliun di sepanjang semester I-2021


Selasa, 20 Juli 2021 / 07:26 WIB
Bank Mandiri sudah salurkan KUR sebesar Rp 19,6 triliun di sepanjang semester I-2021
ILUSTRASI. Penyaluran KUR Bank Mandiri ke sektor pertanian.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) telah menyalurkan kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 19,68 triliun sepanjang semester I-2021. Dengan begitu, perbankan pelat merah ini telah merealisasikan 63,49% dari kuota KUR yang diperolehnya pada tahun ini. 

Rudi As Aturridha, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri mengungkapkan, realisasi KUR tersebut disalurkan ke 200.000 lebih debitur dengan performa yang cukup baik. Mayoritas dari KUR Bank Mandiri tersebut disalurkan antara lain ke KUR kecil sebesar Rp 16,01 triliun serta ke KUR Mikro senilai Rp 3,63 triliun.

Penyaluran KUR ke sektor produksi mencapai Rp 11,42 triliun atau setara dengan 58,03% dari total realisasin penyaluran KUR Bank Mandiri per Juni. 

"Ke depan, kami optimis penyaluran KUR ke sektor produksi akan terus meningkat, seiring dengan upaya dan strategi yang dilakukan," kata dia pada Kontan.co.id, Senin (19/7).

Selama masa pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM, Bank Mandiri juga lebih banyak memfokuskan penyaluran KUR pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Baca Juga: Bank Mandiri membidik tansaksi finansial di Kementerian Sekretariat Negara

 

 

Menurut pemantauan Bank Mandiri, sektor-sektor tersebut masih memiliki potensi penyaluran KUR yang relatif besar karena menunjang ketahanan pangan dalam negeri. Sektor-sektor itu juga tidak terdampak pandemi Covid-19 secara signifikan.

Melihat pencapaian tersebut, Bank Mandiri optimis penyaluran KUR pada semester II tahun 2021 masih terbuka lebar sehingga kuota KUR yang dialokasikan pemerintah ke perusahaan sebesar Rp 31 triliun di tahun ini akan terserap semua. 

"Sesuai dengan data historis sebelumnya, yang menunjukkan realisasi KUR Bank Mandiri selalu mencapai 100% dari target yang ditetapkan oleh Pemerintah," ungkap Rudi. 

Penyaluran KUR Bank Mandiri juga disertai dengan kualitas aset yang terjaga baik. Per Juni 2021, NPL-nya ada di level 0,45%.

 

Selanjutnya: BRI sudah salurkan KUR sebesar Rp 84,8 triliun hingga semester I

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×