kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sumut Gandeng Lintasarta untuk Pengembangan Digitalisasi Perbankan


Rabu, 09 Maret 2022 / 23:46 WIB
Bank Sumut Gandeng Lintasarta untuk Pengembangan Digitalisasi Perbankan
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah?Bank Sumut.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daearh Sumatera Utara (Bank Sumut) melakukan penandatanganan  Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Lintasarta untuk memperkuat sistem teknologi layanan perbankan.

Direktur Commerce Lintasarta, Alfi Asman mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Bank Sumut khususnya dalam pengelolaan infrastruktur, proses bisnis, mekanisme, serta memperkuat operasional dan layanan ke para nasabah.

"Melalui kerja sama ini, Lintasarta menyediakan Managed Virtualisasi Server, Managed Firewall, Managed Web Application Firewall (WAF), dan Managed Customer Premise Equipment (CPE) sebagai penunjang penerapan digitalisasi di Bank Sumut," kata Alfi dalam keterangannya, Rabu (9/3),

Baca Juga: Bank Daerah Bersiap Tambah Modal untuk Biayai Ekspansi

Sementara Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan mengatakan, Managed Virtualisasi server sudah mulai dirintis sejak beberapa bulan lalu dengan dukungan bantuan Lintasarta.

"Ke depannya diharapkan layanan Bank Sumut kepada para nasabah semakin optimal terutama dalam layanan mobile banking untuk mengantisipasi terjadinya downtime pada aplikasi perbankan,” kata Pohan.

Layanan perbankan dalam skala besar sudah seharusnya tidak menggunakan server fisik, mengingat kekurangan-kekurangan yang dimiliki seperti biaya pengadaan server dan perawatan yang dapat membuat bank merogoh kocek dalam-dalam, kebutuhan lahan yang harus sesuai kriteria, dan konsumsi listrik yang besar.

Alfi menambahkan, alternatif yang bank dapat lakukan untuk memenuhi tren pasar dan pertumbuhan kebutuhan nasabah serta peningkatan volume transaksi adalah menggunakan layanan Cloud Computing berbasis virtualisasi, seperti milik Lintasarta Cloudeka.

Selain itu, penggunaan Cloud memiliki posisi yang lebih baik untuk menanggapi ketidakpastian ekonomi dan sistem keuangan global yang saling berhubungan, terutama akibat Pandemi yang masih berlangsung.

Baca Juga: Bakal IPO, Bank Sumut Targetkan Kredit Tumbuh 7,5% Tahun Ini

Namun, Cloud sendiri tidak cukup, sehingga layanan Cloud harus didukung dengan sistem keamanan yang andal.  Tidak sedikit kasus serangan siber yang dilaporkan sepanjang tahun 2021 dari berbagai industri, khususnya perbankan. Next Generation Firewall (NGFW) contohnya, sistem ini sudah mampu menangkal ancaman siber meski bersembunyi di belakang aplikasi.

Kolaborasi yang telah dijalankan oleh Bank Sumut dengan Lintasarta akan terus menerus dilakukan demi tercapainya proses digitalisasi layanan perbankan Bank Sumut yang optimal dan memenuhi kebutuhan nasabah di era digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×