kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Victoria klaim sudah turunkan bunga deposito


Minggu, 19 Oktober 2014 / 15:26 WIB
Bank Victoria klaim sudah turunkan bunga deposito
ILUSTRASI. ADCP Jalin kerjasama dengan IIF


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Bank Victoria Internasional menegaskan bahwa pihaknya telah menurunkan bunga deposito seperti halnya bank besar di kelompok BUKU III (kelompok bank dengan modal inti antara Rp 5 triliun – Rp 30 triliun) dan kelompok BUKU IV (kelompok bank dengan modal inti di atas Rp 30 triliun). Kebijakan ini diambil untuk menekan biaya dan cost of fund yang terus menggerus laba bersih di Bank Victoria.

Menurut Eko Rahmansyah Gindo, Direktur Utama Bank Victoria, sebetulnya langkah bank-bank besar yang telah menurunkan bunga deposito secara serempak mulai 1 Oktober 2014 juga diikuti oleh bank menengah dan kecil. Sebab jika bank-bank BUKU II (kelompok bank dengan modal inti antara Rp 1 triliun – Rp 5 triliun) dan BUKU I (kelompok bank dengan modal inti antara Rp 100 miliar – Rp 1 triliun) ngotot mempertahankan bunga tinggi, ini akan merugikan kalangan bank kecil dan menengah.

“Sebab kapasitas penyaluran kredit bank seperti level kami masih terus terbatas. Jika karena keterbatasan ini, dana pihak ketiga (DPK) yang kami himpun meningkat namun tidak mampu kami salurkan dalam bentuk kredit, ini akan justru menjadi beban,” kata Eko, Minggu (19/10).

Selain itu, regulator Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini sedang bersemangat untuk mengakhiri perang bunga deposito yang merupakan dana mahal. “Jika Bank Victoria tetap ngotot memasang bunga tinggi, ini akan menimbulkan reputasi yang tidak baik. Seolah ada apa-apa dengan bank kami,” ujar Eko.

Saat ini cost of fund Bank Victoria sudah cukup tinggi mencapai 9.8%. Sayangnya, Eko menolak menyebut berapa rata-rata bunga deposito Bank Victoria saat ini. “Yang jelas sudah kami sesuikan agar biaya dana berada di level yang aman,” pungkas Eko.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) per Agustus 2014, jumlah deposito yang dihimpun Bank Victoria mencapai Rp 13,09 triliun. Jumlah ini merupakan 92,96% dari total DPK yang dihimpun sebesar Rp 14,08 triliun.

Di periode yang sama pada tahun lalu, jumlah deposito juga sangat mendominasi komposisi DPK Bank Victoria. Pada Agustus 2013, jumlah deposito yang dihimpun Bank Victoria mencapai Rp 11,50 triliun. Jumlah ini merupakan 88,19% dari total DPK yang dihimpun sebesar Rp 13,04 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×