kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Barang elektronik dan fesyen dominasi transaksi cicilan Akulaku sepanjang 2020


Senin, 18 Januari 2021 / 13:30 WIB
Barang elektronik dan fesyen dominasi transaksi cicilan Akulaku sepanjang 2020
ILUSTRASI. Akulaku Finance


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku) mencatat adanya kenaikan transaksi cicilan yang signifikan pada pembelian sejumlah kategori barang di sepanjang 2020.

Produk elektronik, fesyen pria, dan furnitur merupakan sejumlah kategori yang mengalami kenaikan pesanan yang sangat drastis selama masa pandemi.

Kenaikan volume transaksi pada sejumlah kategori tersebut bahkan melebihi 100% apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Direktur PT Akulaku Silvrr Indonesia Herryson mengungkapkan, produk elektronik masih menempati urutan teratas sebagai kategori barang yang paling diburu oleh konsumen Akulaku.

Harga produk elektronik yang relatif tinggi mendorong konsumen untuk bertransaksi dengan memanfaatkan opsi cicilan Akulaku. Namun, furnitur menjadi kategori produk dengan tingkat pertumbuhan penjualan tertinggi pada tahun lalu.

Baca Juga: Akulaku siapkan voucher miliaran rupiah di Harbolnas 12.12

Kenaikan volume pesanan pada berbagai produk furnitur mencapai lebih dari 650% pada periode November hingga Desember 2020.

“Dan yang menarik adalah, lonjakan permintaan pada kategori tersebut bukan hanya didominasi brand besar yang sudah akrab di telinga masyarakat. Permintaan terhadap berbagai produk UMKM dengan kualitas yang bersaing pun turut terangkat signifikan,” ujar Herryson dalam ketarangan tertulis pada Senin (18/1).

Di sepanjang kuartal IV 2020, Akulaku mencatat adanya pertumbuhan jumlah merchants pada kategori fesyen pria sebesar 6 kali lipat. Sementara jumlah merchants pada kategori furnitur mengalami kenaikan sebesar 2 kali lipat.

Sedangkan ketersediaan penjual produk elektronik yang terhubung dengan Akulaku mengalami pertumbuhan sebesar 100%.

Secara keseluruhan, jumlah pelaku usaha baru yang terhubung dengan Akulaku terus mengalami pertumbuhan signifikan di sepanjang 2020. Saat ini rata-rata terdapat sekitar 3.000 UMKM baru yang terhubung dengan platform Akulaku di setiap kuartal.

Akulaku terus melakukan kurasi barang yang akan sesuai dengan tema promosi, memberikan rekomendasi trend kategori barang terlaris serta strategi penetapan harga (pricing strategy) di dalam platform Akulaku.

Dengan demikian, mitra merchant dapat memanfaatkan momentum lonjakan pengunjung untuk mengoptimalkan transaksi penjualan mereka tanpa beban biaya yang signifikan.

Baca Juga: Kolaborasi pembiayaan digital, Akulaku Finance & Bank Jago kerja sama channeling

Akulaku melihat perubahan kebiasaan masyarakat turut berperan dalam mengakselerasi adopsi berbagai layanan digital, tak terkecuali layanan pembiayaan.

Penggunaan fitur cicilan belanja Akulaku yang bekerjasama dengan PT Akulaku Finance Indonesia, juga turut mendukung penjualan merchant selama masa pandemi ini.

“Pada masa pandemi ini kami melihat semakin banyak pelaku UMKM yang bergabung dengan Akulaku dan mulai memaksimalkan platform e-commerce untuk berjualan secara online. Akulaku akan terus mendukung para pelaku UMKM untuk berjualan secara online dan memenuhi kebutuhan masyarakat melalui berbagai inovasi dan peningkatan pelayanan yang prima,” tutup Herryson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×