kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

BCA dan BNI miliki saham BTPN, begini penjelasan manajemen


Selasa, 14 September 2021 / 14:50 WIB
BCA dan BNI miliki saham BTPN, begini penjelasan manajemen
ILUSTRASI. Petugas Costumer Service melayani nasabah di Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain dimiliki oleh Sumitomo Mitsui Banking Corporation, saham PT Bank BTPN Tbk  juga dimiliki oleh PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Saat ini, BCA memiliki 1,02% dari total saham BTPN, sedangkan BNI punya 0,15%. 

Manajemen BTPN angkat bicara soal ini. BTPN menyatakan tidak ada kerjasama khusus karena kepemilikan BCA dan BNI. Kepemilikan saham BTPN oleh BCA dan BNI itu merupakan hasil dari konversi atas adanya penggabungan antara BTPN dengan Bank Sumitomo Mitsui Indonesia. 

“Dimana BCA dan BNI sebelumnya adalah pemegang saham dari Bank Sumitomo Mitsui Indonesia. Sehingga kepemilikan tersebut bukan karena adanya kerjasama khusus melainkan karena hasil konversi saat merger,” mengutip keterbukaan informasi BTPN di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (14/9). 

Baca Juga: Kinerja bank syariah kalahkan industri, analis rekomendasikan saham BTPS dan BRIS

Memang kepemilikan BCA dan BNI di BTPN relatif kecil. Sumitomo Mitsui Banking Corporation menggenggam saham sebanyak 7,53 miliar saham atau setara dengan 92,43%. BCA sebanyak 83,05 lembar saham atau 1,02%. 

Lalu BNI sebanyak 12,00 juta saham atau setara dengan 0.15%. Sedangkan kepemilikan publik di BTPN sebanyak 429,17 juta saham atau sebanyak 5,26%. Ada juga saham treasury sebanyak 92,56 juta saham, setara dengan 1,14% saham BTPN.

Selanjutnya: Prospek cerah saham bank syariah, catat rekomendasi saham ini

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×