kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

BCA Digital Catatkan Penyaluran Kredit Rp 1,4 Triliun Hingga Mei 2022


Rabu, 29 Juni 2022 / 11:50 WIB
BCA Digital Catatkan Penyaluran Kredit Rp 1,4 Triliun Hingga Mei 2022
ILUSTRASI. Suasana di My BCA, layanan digital Bank Central Asia (BCA) di Mal Kasabalnka, Jakarta. BCA Digital Catatkan Penyaluran Kredit Rp 1,4 Triliun Hingga Mei 2022.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank BCA Digital terus memperluas jangkauan penyaluran kreditnya dengan melakukan kerjasama channeling dengan fintech lending. Hingga Mei 2022, bank yang baru beroperasi sebagai bank digital sejak pertengahan 2021 ini telah mencatatkan penyaluran kredit sebesar Rp 1,4 triliun. 

Capaian tersebut meningkat Rp 340 miliar dari akhir 2021 yang sudah membukukan kredit sebesar Rp 1,06 triliun. Penyaluran kredit tersebut dilakukan lewat kerjasama dengan akseleran. Kredit selanjutnya disalurkan ke segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Terbaru, BCA Digital menambah mitra fintech lendingnya lewat kerjasama dengan PT Komunal Finansial Indonesia(Komunal). Melalui kerjasama itu, pinjaman dari BCA Digital dalam bentuk kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bisa diakses masyarakat lewat platform Komunal Finansial sejak 22 Juni 2022. 

Direktur Utama PT Bank Digital BCA, Lanny Budiati, mengatakan, pihaknya ingin menjangkau lebih banyak pelaku UMKM lewat kolaborasi channeling pinjaman tersebut.

Baca Juga: Genjot Kinerja, BCA Digital Salurkan Kredit Lewat P2P Komunal Indonesia

“Sehingga secara bertahap bisa mengatasi masalah akses ke pembiayaan yang selama ini dialami UMKM,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (29/6).

Kolaborasi ini merupakan kali kedua BCA Digital menyalurkan platform kredit lewat lewat peer to peer lending. Sebelumnya, BCA Digital telah menggandeng Akseleran pada Desember 2021 lalu. 

Selain menyalurkan kredit secara channeling, BCA Digital juga tengah mempersiapkan fitur digital lending pada aplikasi mobile banking blu, yang ditujukan kepada nasabah BCA Digital.

Sebelumnya, Lanny mengatakan fitur kredit tersebut akan diluncurkan di kuartal IV-2022.

Baca Juga: Mendorong Pemulihan Ekonomi lewat Integrasi Pembayaran Digital

Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) BCA Digital juga terus mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan bulanan per Mei, perseroan membukukan DPK sebesar Rp 3,79 triliun. Itu meningkat signifikan dari akhir tahun lalu yang baru tercatat Rp 1,73 triliun. 

Seiring peningkatan kredit dan DPK, aset BCA  Digital juga terus meningkat. Hingga akhir Mei, asetnya mencapai Rp 7,91 triliun. Itu meningkat dari Rp 5,83 triliun pada Desember 2021 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×