kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA Life mencatatkan kinerja yang positif sepanjang tahun 2020


Rabu, 03 Maret 2021 / 15:02 WIB
BCA Life mencatatkan kinerja yang positif sepanjang tahun 2020
ILUSTRASI. BCA Life mencatatkan kinerja yang positif sepanjang tahun 2020


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. BCA Life berhasil mencatatkan kinerja yang baik sepanjang tahun 2020. Pada penghujung tahun, berhasil mencatat Pendapatan Premi sebesar Rp 998,85 miliar, naik sebesar 18,9% jika dibandingkan pada tahun 2019.

BCA Life juga membukukan Aset sebesar Rp 1,46 triliun atau naik 27,12% dibanding tahun  2019. Di tengah tekanan pandemi yang melanda hampir sepanjang tahun 2020, BCA Life mampu meraih Laba  Komprehensif sebesar Rp 91,53 miliar, naik sangat signifikan, yaitu 612,02% dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini sangat membanggakan bagi BCA Life.

BCA Life tak hanya membukukan keuntungan saja tetapi juga telah memenuhi kewajiban kepada nasabah, antara lain pembayaran Klaim dan Manfaat sebesar Rp 441,78 miliar yang naik 89,29% dibanding tahun 2019, serta menjaga Rasio Pencapaian Solvabilitas di atas batas minimum yang disyaratkan oleh OJK, yaitu tercatat sebesar 535,06%.

Sedangkan Cadangan Teknis yang dimiliki oleh BCA Life telah mencapai Rp885,58 miliar, naik 30,74% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Meskipun pandemi mempengaruhi perekonomian secara makro, konsistensi dan kerja keras dari seluruh staf dan manajemen menunjukkan hasil yang cukup memuaskan, yakni pertumbuhan premi dan laba diatas rata-rata industri.” ucap Rio Winardi, Presiden Direktur & CEO BCA Life dalam siaran pers, Rabu (3/3).

Rio menjelaskan bahwa, pertumbuhan ini tak lepas dari performa multichannel distribusi yang memberikan kontribusi pada pendapatan premi, seperti telemarketing, digital, bancassurance, dan corporate business. Kontribusi besar ini merupakan hasil dari kerja sama yang kuat antara BCA Life dengan Grup BCA dan partner lainnya dalam menyediakan solusi perencanaan keuangan yang tepat untuk nasabah.

Baca Juga: Di tengah pandemi, perusahaan asuransi gencar merilis asuransi kesehatan

Sepanjang tahun 2020, BCA Life mengelola dana investasi sebesar Rp1.287,99 miliar dan berhasil membukukan hasil investasi sebesar Rp73,28 miliar. Penempatan investasi BCA Life dilakukan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian dan sebagian besar ditempatkan pada surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah untuk membantu mendorong pembangunan berkelanjutan di negara ini.

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi Indonesia dan dunia akibat pandemi COVID-19. Namun hal ini tidak menyurutkan BCA Life dalam menunjukkan komitmen kepada nasabah. Selama masa pandemi, jalur pemasaran beradaptasi baik secara operasional maupun proses bisnis.

Sebagai contoh, jalur pemasaran bancassurance yang bekerja sama dengan Bank BCA menyapa nasabah melalui kantor cabang serta melalui teknologi online meeting dan webinar. Jalur pemasaran telemarketing juga menyesuaikan dengan penambahan area kerja untuk dapat mengoptimalkan kapasitas telemarketer yang diperbolehkan di call center, dengan tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam penanggulangan pandemi. 

Pada era pandemi yang memaksa orang harus menjaga jarak satu sama lain, BCA Life justru berupaya untuk lebih dekat dengan nasabah dengan memanfaatkan media digital dan internet di mana kebutuhan nasabah serta layanan dapat terpenuhi tanpa harus bertemu secara fisik.

Untuk menjawab kebutuhan itu BCA Life mengoptimalisasi jalur pemasaran online yang dimiliki. Melalui portal mylifeguard.id, masyarakat yang ingin memiliki perlindungan asuransi jiwa yang terjangkau tanpa keluar rumah serta memberikan kepastian dalam perlindungan dapat dengan mudah membeli secara online. 

Baca Juga: Ini strategi Bank Mandiri dan BCA dorong pertumbuhan bisnis bancassurance

Selama masa pandemi, sepanjang tahun 2020, BCA Life juga berpartisipasi dalam berbagai virtual event seperti KPR BCA Online Expo, Indonesia Knowledge Forum, dan Bulan Inklusi Keuangan OJK untuk tetap melakukan eduksi dan meningkatkan inklusi masyarakat pada produk dan layanan BCA Life.

Pada masa pandemi, BCA Life juga berkomitmen melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, yaitu berkontribusi dalam penanggulangan pandemi dalam bentuk donasi masker medis untuk tenaga medis yang disalurkan lewat PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) bersama dengan Grup BCA. Donasi masker ini dikirimkan langsung ke rumah sakit yang paling membutuhkan di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2020.




TERBARU

[X]
×