Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat turut memicu pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia. Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, peningkatan rata-rata pengguna internet per tahun sekitar 23,6% atau setara dengan 16 juta pengguna pada 2005 menjadi 88,1 juta pengguna per 2014.
Sebanyak 31,5% diantaranya melakukan aktivitas di sektor perdagangan. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan pada 2014 nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai US$ 12 miliar atau setara dengan Rp 130 triliun.
Sementara itu, berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), diprediksi pada 2016 nilai transaksi akan meningkat mencapai US$ 25 miliar atau setara dengan Rp 295 triliun.
Sejalan dengan berkembangnya potensi bisnis e-commerce tersebut, Bank Central Asia (BCA) berkomitmen untuk menyediakan solusi total layanan pembayaran online untuk kartu Visa, MasterCard, JCB, dan American Express.
Head of Group Bisnis Consumer Card BCA Santoso mengungkapkan, BCA melengkapi layanan transaksi online yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi pemegang kartu.
Pembayaran online telah dilengkapi dengan metode otentikasi 3D-secure bagi para pemegang kartu ketika bertransaksi online untuk menghindari penyalahgunaan kartu yaitu verified by Visa, MasterCard SecureCode, J-Secure dan American Express SafeKey.
"Kami juga memiliki BCA KlikPay untuk layanan pembayaran online debit BCA dan BCA Card. Kami senantiasa mendukung merchant online untuk memproses transaksi secara mudah, aman dan terpercaya," ucap Santoso di Jakarta, Senin (30/11).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News