kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

BCA siapkan BCA keyword untuk layani transaksi AliPay dan WeChat


Selasa, 19 Februari 2019 / 16:39 WIB
BCA siapkan BCA keyword untuk layani transaksi AliPay dan WeChat

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan masih membidik untuk bisa bermitra dengan dompet digital Alipay dan Wechat asal China. Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja menyebut kedua dompet digital ini membutuhkan sistem acquiring business dimana merchant-merchant terhubung kepada bank.

"Jadi kalau ada traveller dari China ke Bali, Batam atau kemana-mana, mereka ingin sekali AliPay dan WeChat dapat digunakan. Kita dalam tahap pertimbangkan untuk hal itu. Tapi kita sudah menyiapkan keyword BCA yang bisa di-install di semua aplikasi baik WeCHat, Line, WhatsApp, messenger, dan macam-macam," ujar Jahja di Jakarta Selasa (19/02).


Jahja menambahkan, langkah ini dilakukan agar rekening BCA bisa digunakan untuk pembayaran AliPay dan WeChat. Adapun yang dimaksud dengan pertimbangan oleh Jahja adalah adanya prosedur, agreement bilateral, dan aspek legalnya. Jahja mengaku ketiga aspek ini tidaklah mudah.

Nantinya, Jahja bilang transaksi AliPay dan WeChat akan menggunakan sistem QR Code yang sudah dimiliki BCA. Namun Jahja mengklaim langkah ini bukan bertujuan untuk menghadapi langkah BUMN bidang keuangan yang akan meluncurkan LinkAja.

"Tidak ada tujuan itu, masing-masing bank punya tujuan tersendiri. Tidak ada saing-saing, sesama teman tidak ada seperti itu," tambah Jahja. 

Namun Jahja belum bisa memastikan kapan kerja sama antara dua dompet digital China ini dapat rampung.

Sebelumnya BCA lewat aplikasi mobile banking (m-BCA) menambah fitur baru berupa widget keyboard bertajuk BCA Keyboard.

Layanan keyboard ini dapat mempermudah nasabah pengguna mobile banking untuk melakukan transaksi secara instan tanpa membuka aplikasi m-BCA.

Layanan perbankan yang disajikan dalam fitur ini antara lain cek saldo, transfer rekening sesama BCA dan virtual account hingga cek mutasi rekening. Bukti transaksi juga bisa secara langsung dibagikan, tanpa harus repot screenshot atau copy paste teks.

Fitur ini merupakan tambahan fitur baru di m-BCA setelah sebelumnya BCA menghadirkan fitur QR code bertajuk QRku untuk mempermudah transfer dana ke sesama nasabah BCA. Setelah itu, BCA juga meluncurkan OneKlik untuk mempermudah transaksi di situs belanja online (e-commerce).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×