kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA Syariah dan Maybank Syariah garap tabungan haji dan umrah


Jumat, 03 Agustus 2018 / 19:32 WIB
BCA Syariah dan Maybank Syariah garap tabungan haji dan umrah
ILUSTRASI. Maybank target himpun 10.000 nasabah tabungan haji dan umrah


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Besarnya potensi dana haji dari masyarakat membuat PT Bank BCA Syariah juga ikut mengarap tabungan haji dan umrah.

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih mengungkapkan pihaknya sudah memiliki produk tabungan bagi nasabah yang ingin haji maupun umrah melalui Tahapan mabrur.

"Bagi nasabah yang sudah lengkap Rp 25 juta akan disetorkan ke BPKH. Sejak diluncurkan pada Juli 2018 lalu sudah 1.700 akun. Akan terus meningkat dan diproyeksikan sampai akhir tahun bisa mencapai seribuan akun," ujar John kepada Kontan.co.id Rabu (1/8).

Menurut John, Tahapan Mabrur masih didominasi oleh tabungan dalam rupiah. Ke depannya BCA Syariah berencana untuk mengombinasikan produk Tahapan Mabrur dengan e-channel. Tujuannya untuk memudahkan nasabah dalam mengakses platform digital.

"Saat ini Tahapan Mabrur belum optimal karena masih baru. Tapi saya perkirakan produk ini akan mempunyai kontribusi yang signifikan bagi dana pihak ketiga (DPK) BCA Syariah," tambah John.

Selain BCA Syariah, unit usaha syariah (UUS) Maybank Indonesia juga meluncurkan produk tabungan haji dan umrah dengan brand MyArafah akhir-akhir ini. Tabungan MyArafah ini menggunakan akad mudharabah mutlaqah dengan sistem setoran bebas atau bulanan dalam mata yang rupiah maupun dollar AS.

"Target pengumpulan dana setiap tahun ada 10.000 nasabah dengan rata-rata tabungan Rp 25 juta. Lama atau cepat mereka berangkat tergantung kepada nasabah," ujar Taswin Zakaria.

Head of Sharia Banking MayBank Herwin Bustaman menyatakan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan jatah 600.000 nasabah setiap tahun. Masih terbilang baru, maka Herwin mentargetkan dapat menghimpun tabungan haji sebanyak 10.000 nasabah pertahun.

Tabungan MyArafah juga dilengkapi dengan kartu debit dan ATM dalam jaringan Mastercard yang dapat digunakan tarik tunai di Arab Saudi maupun seluruh dunia.

Head of Sharia Community Financial Services Maybank Dandy Suprandono bilang guna menyukseskan tabungan MyArafah pihaknya sudah bekerjasama dengan Serikat Penyelenggaraan Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi). Asosiasi ini memiliki 185 agen travel perjalanan umrah dan haji.

Dandy menyatakan tabungan MyArafah dilindungi oleh asuransi dengan nilai klaim hingga 20 kali saldo akhir bulan nasabah atau maksimal Rp 2 miliar. Dandy mengaku tambahan nilai asuransi ini biayanya dibebaskan kepada nasabah atau gratis.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Iskandar Zulkarnain mengatakan hingga Juni 2018 total penggelolaan dana haji sudah mencapai Rp 103 triliun. Dana ini dikelola oleh 28 bank. Iskandar melanjutkan rata-rata penerima antrean haji mencapai 15 tahun dan pada usia pelunasan 60 tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×