kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beralih ke Digital, Bank Tutup Ribuan Kantor Cabang


Kamis, 20 Oktober 2022 / 18:51 WIB
Beralih ke Digital, Bank Tutup Ribuan Kantor Cabang
ILUSTRASI. Seorang nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sedang mengakses layanan mobile banking Bank BTN di Jakarta,


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dengan mulai pada beralihnya kepada layanan perbankan digital, berimbas pada penutupan ribuan kantor cabang. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tercatat hanya 25.641 unit kantor cabang bank umum per Juni 2022.

Dalam satu tahun terakhir jumlah ini menyusut 4.058 kantor cabang dari posisi Juni 2021 yang masih mencapai 29.699 jaringan kantor cabang.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) misalnya telah memangkas jumlah kantor cabang dari per Desember 2021 sebanyak 543 unit, menjadi 529 unit per September 2022.

Direktur Distribution & Funding Bank BTN Jasmin menjelaskan, faktor penutupan kantor cabang yaitu dalam rangka meningkatkan layanan dan memenuhi kebutuhan nasabah, seiring dengan perkembangan digital banking dan program branchless banking.

Baca Juga: BTN akan Spin Off Unit Syariah ke BSI Paling Lambat Juli 2023

"Sejak tahun 2019, Bank BTN telah mengalihfungsikan layanan walk in channel ke channel digital banking, seperti mobile banking, internet banking, CRM dan ATM serta mengoptimalkan peran Agen Batara," kata Jasmin kepada kontan.co.id, Rabu (19/10).

Asal tahu saja jumlah transaksi echannel posisi Januari hingga September 2022 BTN sudah mencapai 198 juta transaksi, dan jumlah transaksi di teller per Januari hingga September 2022 mencapai 5,23 juta transaksi. Jika dibandingkan maka, transaksi e-channel mendominasi transaksi perbankan nasabah sebesar 97% dan transaksi di teller sebesar 3%.

Jasmin mengatakan, proyeksi jumlah jaringan kantor Bank BTN sesuai dengan Revisi Rencana Bisnis Bank (RBB) Bank BTN di Tahun 2022-2024, jumlah kantor cabang Bank BTN pada Desember 2022 adalah 80 Kantor Cabang dan 539 Kantor Cabang Pembantu.

"Adapun produktivitas pegawai dari outlet yang dialihfungsikan akan dioptimalkan pada unit kerja lain sesuai kebutuhan operasional Bank, sehingga tidak terjadi langkah Pemutusan Hubungan Kerja terhadap pegawainya," ujar jasmin.

Ia juga menuturkan, tren pengembangan jaringan kantor tahun depan adalah fokus optimalisasi outlet jaringan kantor eksisting Bank BTN. Ke depan, distribution channel Bank BTN akan diperkuat dengan hadirnya Agen Batara yang menggunakan instrumen EDC Mini ATM dalam melayani transaksi nasabahnya.

Seperti, cek saldo, tarik tunai, setor tunai, transfer dan referral pembukaan rekening Tabungan. Menurut Jasmin, layanan Agen Batara ini akan terus diperluas sesuai dengan kebutuhan Nasabah Bank BTN.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×