kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,87   -4,49   -0.48%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut Investasi Yang Bisa Diikuti Kartini Modern


Rabu, 21 April 2021 / 12:00 WIB
Berikut Investasi Yang Bisa Diikuti Kartini Modern


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA.  Investasi adalah milik semua kalangan. Selama ini, bisa jadi perempuan lebih identik dengan aktivitas belanja dan hal-hal berbau konsumtif, sehingga urusan investasi lebih banyak dilakukan oleh laki-laki.

Perlu diingat, saat ini adalah era kesetaraan gender. R.A. Kartini telah membuka jalan bagi perempuan Indonesia dalam hal kesetaraan dengan laki-laki.

Sudah menjadi hal yang lumrah seorang perempuan memainkan peran sebagai Chief Financial Officer (CFO). Ketika masa pandemi seperti ini, perempuan perlu mampu mengelola cashflow keluarga agar bisa memenuhi kebutuhan selama di rumah.

Baca Juga: Berikut Alasan Orang Takut untuk Berinvestasi

Bukan tidak mungkin, pandemi ini juga sedikit banyak mengurangi pendapatan rumah tangga, sehingga peran ibu dalam mengatur keuangan keluarga kian diperlukan.

Kegiatan work from home maupun school from home juga akan membutuhkan pasokan makanan yang lebih banyak di rumah. Terlebih dengan bulan suci Ramadan, pengelolaan keuangan rumah tangga agar dapat dialihkan pada barang kebutuhan pokok sehari-hari.

Hal ini juga membutuhkan strategi tersendiri, termasuk menghindari panic buying dan penimbunan stok makanan yang nantinya malah akan terbuang.

Oleh karena itu, penting bagi seorang perempuan memahami pengeloaan keuangan, termasuk juga dalam hal berinvestasi.

Investasi apa saja yang bisa dipilih para perempuan Indonesia? Ada beragam produk investasi, antara lain: reksadana, saham, obligasi korporasi, surat utang negara, dan produk deposito. Terpenting, pahami lebih dahulu karakteristik produk investasi masing-masing sebelum mulai berinvestasi. Berinvestasilah dalam jangka panjang untuk meminimalisasi risiko fluktuasi harga dan pilihlah beberapa produk investasi sebagai strategi diversifikasi risiko.

Kartini modern juga bisa berinvestasi dengan menaruh deposito dengan dana minim. Cukup dengan mengikuti program Deposito Special Rate dari J Trust Bank. Jumlah setoran deposito minimum Rp500.000 dan maksimum Rp20 juta, serta memiliki jangka waktu 3 bulan dan 6 bulan dan tidak dapat diperpanjang. Dana yang digunakan nasabah untuk program ini adalah dana baru (fresh fund).

Dalam program depositonya, J Trust Bank menawarkan program deposito dengan bunga deposito yang spesial hingga mencapai 7% per tahun. Suku bunga Deposito Special Rate untuk tenor 3 bulan sebesar 6,75% p.a. sedangkan deposito tenor 6 bulan sebesar 7%. Program yang berlangsung selama 15 April 2021 hingga 30 April 2021 ini dapat diikuti oleh nasabah baru atau nasabah lama.

Kendati demikian, nasabah perlu mengingat sejumlah risiko dalam investasi melalui instrumen deposito, seperti pemberian tingkat bunga simpanan melebihi yang ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Simpanan itu menjadi simpanan yang tidak layak dibayar jika izin usaha dicabut.

Saat mengikuti program ini, nasabah juga tidak bisa break program atau berhenti di tengah jalan. Namun, jika terpaksa melakukan itu, nasabah akan dikenakan penalti berupa pemberian suku bunga yang sama dengan suku bunga Tabungan J Trust.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program - program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Bijak berinvestasi merupakan satu langkah menuju kemandirian finansial demi mencegah ketergantungan kepada pihak lain. Kartini sudah pasti akan bangga dan mendukungmu, perempuan Indonesia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×