kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BFI Finance catat laba bersih Rp 337 miliar di kuartal I-2019


Jumat, 26 April 2019 / 18:19 WIB
BFI Finance catat laba bersih Rp 337 miliar di kuartal I-2019


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - TANGERANG. PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) dapat menjaga performa dan stabilitas perusahaan dengan mencatat kenaikan piutang pembiayaan yang dikelolanya sebesar Rp 17,905 triliun atau 6,1% lebih tinggi dari periode yang sama di tahun 2018 sebesar Rp 16,870 triliun.

Dari jumlah pembiayaan tersebut, sebesar Rp3,35 triliun adalah jumlah pembiayaan baru dengan komposisi pembiayaan sebesar 67,5% berasal dari pembiayaan kendaraan roda empat, 17,7% pembiayaan kendaraan roda dua, 13,5% dari alat berat dan machinery sementara sisanya adalah pembiayaan properti (property-backed financing) dan syariah.

Pembiayaan baru ini turut mengerek kenaikan nilai aset perusahaan sebesar 3,5% menjadi Rp18,464 triliun year on year, dengan laba bersih sebesar Rp337 miliar. 

“Di tengah kondisi yang cukup menantang bagi industri pembiayaan dan melemahnya ekonomi makro yang cukup berimbas pada peningkatan kehati-hatian berbisnis, kami tetap mampu mencatatkan kinerja keuangan yang sehat selama kuartal I tahun ini,” ujar Direktur Keuangan dan Corporate Secretary BFI Finance, Sudjono dalam siaran persnya, Jumat (26/4).

Dalam tiga bulan pertama tahun 2019 ini pun perusahaan mampu menjaga Rasio Non-Performing Financing (NPF) di angka 1,33%, atau lebih rendah dari rata-rata industri yang mencapai 2,71%. Sementara itu, NPF coverage, yaitu rasio kecukupan cadangan piutang yang diragukan dibandingkan kredit bermasalah (NPF) terjaga di angka sebesar 1,6x.

“Sepanjang tahun 2019, BFI Finance menargetkan pertumbuhan bisnis yang cukup moderat. Hal ini antara lain terjadi karena kami sedang melakukan peningkatan infrastruktur dan teknologi dalam mendukung proses kerja yang lebih efisien, untuk mendorong pertumbuhan bisnis di masa mendatang dimana kompetisi diperkirakan akan lebih menantang karena tantangan tidak hanya berasal dari perusahaan pembiayaan tradisional melainkan juga dari perusahaan pembiayaan berbasis teknologi,” ujar Sudjono.

Di luar kinerja yang cukup baik, Perusahaan juga berhasil mendapatkan kepercayaan yang kuat dengan adanya pendanaan baru yang cukup menggembirakan, baik dari perbankan maupun pasar modal.

Di luar fasilitas bilateral dengan bank-bank domestik, Perusahaan pun berhasil menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV BFI Finance Tahap II Tahun 2019 dengan total nilai sebesar Rp1 triliun, dan melakukan road show dalam rangka penerbitan Pinjaman Sindikasi dalam mata uang US$ yang dipimpin oleh empat bank terkemuka yaitu, Bank ANZ, Bank MUFG, Bank Standard Chartered dan Bank SMBC.

Dari hasil road show tersebut, diperoleh total komitmen di atas US$ 200 juta. “Penerbitan Obligasi dan Pinjaman Sindikasi US$ menunjukkan kemampuan pendanaan perusahaan yang sangat baik. Pinjaman Sindikasi ditutup sebesar US$ 200 juta, dan akan digunakan sebagai modal kerja untuk mendukung kegiatan pembiayaan Perusahaan,” ujar Sudjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×