kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis agen laku pandai bank BUMN semakin berkembang


Selasa, 07 September 2021 / 18:30 WIB
Bisnis agen laku pandai bank BUMN semakin berkembang
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan melalui agen BRILink di Tangerang. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus mencatatkan pertumbuhan bisnis agen laku pandai. Agen BRILink tidak hanya berhasil membukukan pertumbuhan penghimpunan dana murah tetapi juga dari sisi refferal kredit mikro. 

Hingga Agustus 2021, Agen BRILink mencatatkan penghimpunan dana murah sebesar Rp 16 triliun atau tumbuh 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Sementara pencapaian referral kredit mikro melalui agen ini mencapai 100.000 per akhir Juli atau tumbuh 52% yoy. 

Alhasil,  fee based income yang diperoleh perseroan dari BRILink mencapai Rp 850 miliar hingga Agustus 2021 atau tumbuh 30% yoy.  
"Sampai Agustus 2021, Agen BRILink terus menunjukkan pertumbuhan yang positif baik dari sisi transaksi, perolehan dana, jumlah agen, maupun transaksi," kata Kicky Andrie Davetra Divion Head BRILink Network kepada Kontan.co.id, Selasa (7/9).

Jumlah agen BRILink juga meningkat 5% menjadi 470.000 per Agustus 2021. Menurut Kicky, ini menunjukkan minat masyarakat jadi agen masih besar seiring dengan manfaat yang didapat agen selama ini. 

Hingga akhir tahun, BRI menargetkan penghimpunan dana murah lewat agen laku pandai ini mencapai Rp 15 triliun dan referral kredit sebanyak 50.000 lagi.  

Baca Juga: Himbara terus berkomitmen jadi mitra pemerintah untuk percepat pemulihan ekonomi

Kicky bilang, peningkatan transaksi dan peran Agen BRILink yang semakin besar dalam komunitas masyarakat membuat pertumbuhan dana murah dan referral kredit mikro telah melebihi ekspektasi awal BRI.

BRI melakukan beberapa inisiatif strategis termasuk pengembangan ekosistem digital untuk meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien terutama pada nasabah mikro dan ultra mikro.  

Untuk mendukung itu, kata Kicky, BRILink akan berkomitmen dalam meningkatkan ketersediaan layanan perbankan dan keuangan sedekat mungkin dengan masyarakat di desa mengingat jangkauan Agen BRILink sudah menjangkau 74% dari total desa yang ada di Indonesia. 

Untuk menambah peran Agen BRILink, BRI juga terus menjalin kolaborasi kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk didalamnya BRI Group dan beberapa perusahaan rintisan (startups) yang diyakini bisaa memberi nilai tambah layanan agen bagi masyarakat sekitar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×