kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,51   7,00   0.76%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Gadai Emas Pegadaian Meningkat 6,86% Dibandingkan Akhir Tahun 2022


Minggu, 27 Agustus 2023 / 13:07 WIB
Bisnis Gadai Emas Pegadaian Meningkat 6,86% Dibandingkan Akhir Tahun 2022
ILUSTRASI. PT Pegadaian mencatat bisnis gadai emas tumbuh 6,86% dibandingkan akhir tahun 2022.


Reporter: Vina Destya | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian mencatat bisnis gadai emas tumbuh 6,86% dibandingkan akhir tahun 2022. Bisnis gadai emas juga meningkat 0,33% dibandingkan akhir Juli 2023. 

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah mengungkapkan bahwa kenaikan OSL bisnis gadai emas di Pegadaian tidak lepas dari peran beberapa program yang membantu pembiayaan masyarakat dengan bunga murah seperti gadai Gadai Peduli (bunga 0%) dan pemberian bunga murah kepada nasabah sesuai dengan tiering pinjamannya. 

“Selain itu kenaikan bisnis gadai juga tidak lepas dari peran kenaikan harga emas yang naik 2,68% secara year to date,” kata Elvi pada Kontan.co.id, Jumat (25/8). 

Gadai emas di Pegadaian memiliki peranan penting untuk mendongkrak kinerja perusahaan. Angka pertumbuhan bisnis gadai emas saat ini tidak berbeda jauh dibandingkan tahun lalu yang menyumbang 82,84% dari portofolio bisnis perusahaan. 

“Penurunan rasio ini tidak lepas dari diversifikasi produk yang semakin gencar dilakukan oleh Pegadaian,” tambah Elvi. 

Baca Juga: Naik 1,36%, Harga Emas Menghentikan Penurunan Empat Pekan Beruntun

Elvi juga mengatakan bahwa gadai emas masih akan menjadi jenis pinjaman yang diminati oleh masyarakat. Hal tersebut tidak lepas dari peran emas yang masih merupakan kebutuhan sekunder dan tersier bagi masyarakat. 

Selain itu, Elvi juga menyebutkan bahwa pemberlakuan program-program untuk membantu keuangan masyarakat dengan fasilitas bunga murah dan berbagai program lainnya turut membuat gadai emas menjadi bisnis yang menjanjikan bagi Pegadaian. 

Emas yang merupakan lindung nilai inflasi juga akan terus disimpan sebagai investasi safe haven bagi masyarakat. Sehingga Elvi menyebutkan business environment dari emas itu tetap terjaga. 

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini (26/8) di Pegadaian Stagnan, UBS Turun

Gadai emas juga dapat dijadikan pilihan utama bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Gadai emas memiliki kemudahan dan kecepatan dalam proses pencairan pinjaman. 

“Saat ini transaksi gadai emas di Pegadaian sangat mudah dan cepat di mana nasabah dapat melakukan cicil, perpanjangan, maupun pelunasan Gadai melalui Aplikasi Pegadaian Digital,” papar Elvi. 

Elvi menambahkan masyarakat dapat menabung emas secara langsung dengan datang ke outlet Pegadaian, bertransaksi melalui agen-agen Pegadaian, atau bisa juga melalui aplikasi Pegadaian Digital. 

“Kami berupaya untuk memberikan pengalaman investasi yang mudah dan terjangkau,” pungkas Elvi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×