kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Jamkrindo Syariah semakin moncer


Sabtu, 12 November 2016 / 16:04 WIB
Bisnis Jamkrindo Syariah semakin moncer


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Bisnis PT Penjaminan Jamkrindo Syariah makin subur. Jumlah kredit yang dijamin anak usaha Perum Jamkrindo ini meningkat tajam.

Direktur Utama Jamkrindo Syariah Kadar Wisnuwarman menyebut, sampai akhir kuartal III-2016, perusahaan ini sudah menjamin kredit Rp 10,2 triliun. Padahal pada periode sama tahun lalu, volume kredit yang dijamin perseroan ini hanya Rp 2,2 triliun.

Artinya, kredit yang dijamin Jamkrindo Syariah melonjak lebih dari 3,6 kali lipat. Hal yang sama juga terjadi pada imbal jasa kafalah (IJK) yang dikantongi perseroan ini. 

Selama sembilan bulan pertama 2016, Jamkrindo Syariah mengantongi IJK Rp 117 miliar, jauh lebih tinggi dari periode yang sama di tahun kemarin Rp 19 miliar.

Moncernya kinerja Jamkrindo Syariah menurut Kadar tak lepas dari makin berkembangnya berbagai sektor industri berprinsip syariah. Hal ini diikuti meningkatnya kebutuhan pendanaan yang sesuai dengan prinsip syariah.

Sejalan dengan makin derasnya penyaluran kredit syariah, bisnis penjaminan syariah dijalankan perusahaan ini pun makin besar. "Perkembangan keuangan syariah ini terus menunjukkan peningkatan," kata Kadar.

Peningkatan ini terjadi dari jumlah terjamin. Saat ini, jumlah terjamin yang dimiliki Jamkrindo Syariah sebanyak 166.000. Sementara di tahun lalu baru 17.000.

Pertumbuhan bisnis Jamkrindo Syariah pun ikut mendongkrak aset yang dimiliki. Sampai September, aset Jamkrindo Syariah Rp 351 miliar, naik 31,5% year on year.

Potensi pasar yang besar, menurut Kadar, akan coba dimanfaatkan dengan memperluas kerjasama lewat berbagai mitra, sehingga potensi berbisnis bisa makin lebar.

Saat ini, Jamkrindo Syariah sudah punya 29 mitra kerja, baik dari perbankan maupun non bank. Skala bisnisnya dari tingkat nasional hingga daerah.

Sementara, potensi pasar penjaminan syariah yang dimanfaatkan perseroan ini sangat ranum. Hal ini disebabkan minimnya jumlah perusahaan penjaminan kredit yang memiliki bisnis syariah.

Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asipindo) mencatat, selain Jamkrindo Syariah, hanya segelintir perusahaan penjaminan kredit daerah yang memiliki unit syariah. Mereka ialah Jamkrida Banten, Jamkrida Bangka Belitung, dan Jamkrida Jabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×