kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Remitansi Perbankan Tersulut Momen Ramadan dan Lebaran


Minggu, 10 Maret 2024 / 09:15 WIB
Bisnis Remitansi Perbankan Tersulut Momen Ramadan dan Lebaran
ILUSTRASI. Nasabah bertransaksi di teller Bank BCA Tangerang Selatan, Senin (1/7). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/07/2019


Reporter: Nova Betriani Sinambela | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momen hari raya seperti ramadan dan lebaran biasanya menjadi pendorong besar bagi aktivitas perekonomian, salah satunya untuk bisnis remitansi di perbankan atau aktivitas pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia.

Salah satu Bank yang optimis terhadap pertumbuhan bisnis ini adalah PT Bank Mega Tbk (MEGA). Kepala Management Retail Product Bank Mega, Hersen optimis momen hari raya akan mendorong kenaikan nilai transaksi sebesar 20%.

"Berdasarkan historical, menjelang momen Ramadhn ada kenaikan nilai remitansi sebesar 20%, kontributor terbesar biasanya dari mata uang USD diikuti dengan mata uang EUR, AUD dan currency lainnya," kata Hersen kepada KONTAN baru-baru ini.

Selain itu PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga optimistis akan ada kenaikan volume transaksi remitansi selama hari raya Ramadan hingga Lebaran. 

Baca Juga: BRI Proyeksi Transaksi Remitansi Naik hingga 25% pada Ramadan dan Lebaran 2024

"Kami yakin layanan remitansi BCA akan terus bertumbuh dan mengalami peningkatan positif. Tetapi kami tidak mematok target tertentu untuk pertumbuhan layanan remitansi," kata Hera kepada KONTAN, Kamis (7/3). 

Hera menyebut layanan tersebut turut berkontribusi terhadap kenaikan pendapatan selain bunga di BCA. Adapun secara keseluruhan, pendapatan selain bunga BCA tumbuh 5,5% secara tahunan menjadi Rp 23,9 triliun di sepanjang tahun 2023, sehingga total pendapatan operasional tercatat sebesar Rp 99,3 triliun atau naik 14,4% secara tahunan. 

Sebagai informasi sejak 15 Desember 2023 lalu transaksi remitansi bisa dilakukan melalui aplikasi myBCA. 

Sejalan dengan itu BCA juga menyebut pertumbuhan transaksi perdagangan internasional melalui mata uang lokal juga meningkat lebih dari 30% per Desember 2023. Adapun negara Malaysia, Thailand, dan Jepang menjadi kontributor terbesar dalam pertumbuhan bisnis ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×