kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

BNI catat 12.000 pembukaan rekening baru via mobile banking per bulan


Selasa, 22 Juni 2021 / 17:50 WIB
BNI catat 12.000 pembukaan rekening baru via mobile banking per bulan
ILUSTRASI. BNI Mobile Banking

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melihat  pembukaan rekening baru melalui BNI Mobile Banking semakin diminati. Terlebih di masa pandemi nasabah lebih selektif untuk beraktivitas keluar ruangan. 

Pemimpin Divisi Manajemen Produk Konsumer BNI Teddy Wishadi bilang dengan fitur terbaru dimana nasabah bisa buka tabungan cukup dengan selfie, hal ini cukup memudahkan nasabah dan perkembangan angka akuisisi sudah menunjukkan peningkatan dibandingkan sebelum pandemi.

“Untuk pertumbuhan pembukaan rekening baru khususnya yang dibuka secara digital, bila dibandingkan tahun lalu pertumbuhan cukup signifikan kurang lebih 373% pada posisi Mei 2021 ini bila dibandingkan dengan posisi Desember 2020. Per bulan untuk rekening baru yang diakuisisi secara digital melalui aplikasi mobile banking adalah sebesar 12.000 per bulan,” ujar Teddy kepada Kontan.co.id pada Selasa (22/6).

Baca Juga: LPEI dan BCA jalin kerja sama pendanaan senilai Rp 3 triliun untuk akselerasi ekspor

Ia menilai pertumbuhan ini disamping dikarenakan perubahan perilaku nasabah sebagai imbas covid-19. Juga karena kontribusi dari program promosi pembukaan rekening yang ditawarkan kepada calon nasabah.

“Kami menargetkan dapat mengakuisisi 1 juta rekening secara digital per tahun, dengan strategi kemitraan dengan retailer, e-commerce, fintech dan lembaga untuk dapat mencapai target dimaksud,” tambahannya. 

Ia melihat saat ini pembukaan rekening melalui Kantor Cabang masih mendominasi karena perubahan behavior ke digital masih perlu dilakukan edukasi ke masyarakat. Selain itu, masih terdapat segmen-segmen yang dalam prosesnya membutuhkan panduan manusia sehingga mereka lebih nyaman untuk datang ke Kantor Cabang.  

Namun BNI optimis aktivitas pembukaan rekening secara digital ke depannya akan sangat berkontribusi dalam akuisisi rekening baru. Sehingga BNI terus berinvestasi dalam pengembangan sistem teknologi yang mendukung user experience nasabah agar layanan digital semakin dapat diterima oleh nasabah. 

“Untuk informasi, kami memiliki digital onboarding berupa pembukaan rekening digital melalui BNI Mobile Banking dan DIGI CS (device yang bentuknya seperti mesin ATM),” tuturnya. 

Baca Juga: BCA catat rata-rata 8.000 pembukaan rekening baru via digital per hari

Ia menyebut pembukaan rekening digital BNI ini sangat mudah, cukup selfie dan rekeningnya langsung terbentuk dan juga tersedia virtual debit card. BNI sudah implementasi untuk menggunakan teknologi e-KYC sehingga dalam proses pembukaan rekening tidak diperlukan lagi proses tatap muka / video call. 

“Dengan virtual debit card ini, nasabah dapat melakukan aktivasi layanan mobile banking secara mandiri. Teknologi ini kita pakai karena selain proses nya lebih cepat sekitar 5-7 menit rekening langsung terbentuk, tetapi prosesnya juga aman dan sudah mendapatkan izin dari regulator,” pungkasnya.

Selanjutnya: Bank Mandiri targetkan 1 juta pembukaan rekening simpanan via digital di 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×