kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI dan BRI akan tingkatkan penyaluran kredit dengan menggandeng platform digital


Senin, 01 Februari 2021 / 17:33 WIB
BNI dan BRI akan tingkatkan penyaluran kredit dengan menggandeng platform digital
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di kantor cabang Bank BNI, Jakarta, Kamis (21/1). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/21/01/2021.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan akan semakin mengoptimalkan penyaluran kredit dengan lewat sinergi dengan platform digital tahun ini. Tahun lalu, kolaborasi dengan platform baik itu fintech, e-commerce, dan aplikasi ride sharing sudah banyak dilakukan. 

Salah satunya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). GM Divisi Bisnis Usaha Kecil-2 BNI Bambang Setyatmojo mengatakan, salah satu strategi penyaluran KUR BNI memang benar adalah melalui kolaborasi dengan pihak ketiga termasuk fintech.  

"Di tahun 2021 ini melalui beberapa inisiasi kerjasama yang telah dimulai di tahun sebelumnya, kami harapkan dapat direalisasikan dengan masif dan tetap prudent," katanya pada KONTAN, Jumat (29/1).

Baca Juga: Jokowi beri 4 pesan ini kepada Bank Syariah Indonesia

BNI menilai potensi penyaluran KUR melalui fintech ini tentu sangat besar mengingat implementasi digitalisasi di masyarakat khususnya di bidang layanan keuangan digital yang semakin cepat dan masif. Hanya saja, Bambang tidak menyebutkan berapa target penyaluran kredit tahun ini yang akan dilakukan lewat fintech.

Saat ini sudah ada beberapa mitra fintech yang akan menjadi partner BNI dalam menyalurkan KUR di tahun 2021. Adapun skema kerjasamanya adalah melalui pola chanelling dimana mitra fintech akan mendapatkan imbal jasa/fee yang bervariasi sesuai dengan perannya.

Sementara tahun sebelumnya, kata Bambang, penyaluran KUR BNI melalui kerjasama dengan beberapa mitra platform digital termasuk fintech memang belum terlalu dominan dibandingkan total keseluruhan penyaluran KUR BNI yakni Rp 21 triliun. 

Baca Juga: Resmi meluncur, Bank Syariah Indonesia pastikan garap seluruh segmen

Untuk kerjasama dengan e-commerce,  BNI menggunakan bantuan digitalisasi proses kredit di internal perseroan melalui Aplikasi BNI Move. "Mengingat data customer e-commerce yang sudah terstruktur dalam Big Data sehingga mempermudah proses pertukaran data dan distribusi data ke petugas kredit kami," tambah Bambang. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×