kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.164.000   41.000   1,93%
  • USD/IDR 16.695   76,00   0,46%
  • IDX 8.125   85,16   1,06%
  • KOMPAS100 1.130   12,55   1,12%
  • LQ45 811   6,69   0,83%
  • ISSI 282   3,69   1,32%
  • IDX30 425   2,99   0,71%
  • IDXHIDIV20 489   5,53   1,14%
  • IDX80 124   1,36   1,11%
  • IDXV30 133   1,56   1,18%
  • IDXQ30 135   1,11   0,83%

BNI Dorong UMKM Tembus Pasar Global Lewat SFH 2025 di Korea Selatan


Minggu, 15 Juni 2025 / 14:20 WIB
BNI Dorong UMKM Tembus Pasar Global Lewat SFH 2025 di Korea Selatan
ILUSTRASI. BNI membawa tiga UKM sektor makanan dan minuman tampil di ajang Seoul Food & Hotel (SFH) 2025


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) terus mempertegas perannya sebagai akselerator pertumbuhan UMKM Indonesia. Tak hanya menyediakan akses pembiayaan, BNI kini gencar mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan menembus pasar global melalui berbagai inisiatif strategis.

Melalui program BNI Xpora, bank pelat merah ini mengajak tiga UKM sektor makanan dan minuman tampil di ajang Seoul Food & Hotel (SFH) 2025, pameran makanan terbesar di Korea Selatan yang berlangsung di Kintex, 10–13 Juni 2025.

Partisipasi ini merupakan bagian dari inisiatif Indonesia in Korea – SFH 2025, hasil kolaborasi antara BNI, Bank Indonesia, KBRI Seoul, dan Kementerian Perdagangan RI. Langkah ini bertujuan membuka akses pasar global bagi UKM dan memperkuat kontribusi ekspor nasional.

"Ini adalah keikutsertaan ketiga BNI Xpora di SFH. Kami ingin UKM binaan bisa naik kelas dan berjejaring langsung dengan buyer internasional,” ujar SEVP Treasury BNI Ita Tetralastwati dalam keterangannya, Minggu (15/6).

Baca Juga: BNI Salurkan Rp 4,6 Triliun KUR Sepanjang Paruh Pertama 2025

Adapun UKM yang difasilitasi BNI dalam ajang ini adalah PT Maxindo Karya Anugrah: camilan sehat berbahan buah dan sayur, PT Indo Tropikal Group: permen jahe dan kopi khas Indonesia, dan PT Alam Scientia Asia: makanan sehat dan bergizi.

Produk-produk mereka dipamerkan di Paviliun Indonesia, yang menjadi pusat interaksi antara pelaku UKM Indonesia dan pelaku industri F&B global seperti importir, hotel, restoran, hingga distributor mancanegara.

Pembukaan paviliun ditandai seremoni pengguntingan pita oleh Ita bersama Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Seoul Zelda Wulan Kartika dan Direktur Departemen Internasional BI Elsya Chani.

Baca Juga: BNI Permudah Ekspor Produk Hortikultura KSIP Agro Lewat BNIdirect

Selain memperluas pasar, partisipasi di SFH 2025 juga menjadi sarana UKM memahami tren dan preferensi konsumen global, sekaligus membangun koneksi bisnis berkelanjutan.
“Dampak yang kami harapkan tidak hanya berupa transaksi, tapi juga peningkatan kapasitas ekspor dan pengalaman global bagi UKM,” tambah Ita.

Inisiatif ini bagian dari misi BNI melalui Xpora untuk menciptakan ekosistem terintegrasi. dari pembinaan, pembiayaan, hingga promosi—demi mendukung UKM berdaya saing tinggi di pasar internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×