kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.035.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

BPA merombak jajaran direksi AJB Bumiputera


Sabtu, 04 Juli 2020 / 14:36 WIB
BPA merombak jajaran direksi AJB Bumiputera
ILUSTRASI. Petugas melayani nasabah Asuransi Jiwa Bumiputra Jakarta, Jumat (11/1). BPA merombak jajaran direksi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Perwakilan Anggota (BPA) merombak jajaran direksi Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Perombakan itu dilakukan setelah Dirman Pardosi dan Deddy Herupurnomo gagal dalam penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai calon direktur utama serta direktur keuangan dan investasi Bumiputera.

Ketua BPA Nurhasanah membenarkan adanya perombakan direksi tersebut. Dia berharap mereka bisa memimpin serta memperbaiki kinerja asuransi berbentuk mutual itu. "Semoga (perombakan direksi) dapat membawa AJB Bumiputera 1912 ke depan lebih baik lagi," kata Nurhasanah, kepada Konta.co.id, pekan lalu.

BPA menunjuk Faizal Karim sebagai plt direktur utama merangkap direktur keuangan dan investasi Bumiputera. Wirzon Sjofyan ditunjuk menjadi direktur kepatuhan perusahaan.

Baca Juga: Asuransi Diperketat Biar Selamat

Atas perombakan itu, OJK ikut berkomentar. Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Bumiputera, termasuk langkah-langkah penyehatan. "Sesuai informasi dari pengawas Bumiputera, bahwa OJK sudah melakukan komunikasi dan beberapa hal yang harus dilakukan Bumiputera," ujar Anto.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Pemegang Polis Bumiputera (Pempol Bumi) Jaka Irwanta memperkirakan, perombakan manajemen tersebut tidak akan memberikan perubahan berarti pada perusahaan. "Tetap tidak ada harapan, karena yang terpilih adalah orang lama yang sejak dulu saja, tidak sukses membawa Bumiputera," ungkap Jaka.

Jaka turut berkomentar kenapa calon direksi Bumiputera tidak lolos fit and proper test. Menurut dia, pimpinan sebelumnya tidak punya program penyehatan yang realistis. Ambil contoh saja, penjualan asuransi kumpulan dinilai merugikan perusahaan. Jika diteruskan dikhawatirkan menganggu kinerja keuangan Bumiputera.

Baca Juga: Tarif Tak Jadi Naik, BPJS Berharap Ada Dana Talangan Lagi

Itu belum termasuk rencana Dirman Pardosi untuk menjual aset Bumiputera sebagai cara membayar kewajiban ke pemegang polis. "Kalau aset dijual, solvabilitas berkurang. Jelas saja, OJK tidak terima," pungkas Jaka.

Berikut Jajaran Direksi AJB Bumiputera terbaru:

Direktur Utama merangkap Direktur Keuangan & Investasi: Faizal Karim

Direktur Pemasaran: SG Subagyo

Direktur SDM: Dena Chaerudin

Direktur Teknik: Joko Suwaryo

Direktur Kepatuhan: Wirzon Sjofyan

Baca Juga: OJK akui kasus Jiwasraya dan AJB Bumiputera berdampak pada bisnis asuransi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×