Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah Bali berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 19,8 triliun pada 2021. Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma menyebut, penyaluran kredit tersebut tumbuh 3,54% yoy, atau lebih tinggi dari pertumbuhan kredit perbankan di Bali.
"BPD Bali terus berkomitmen untuk menjaga kepercayaan seluruh stakeholder dengan memenuhi kewajibannya meski menghadapi berbagai tantangan pada masa pandemi Covid-19," kata Sudharma, dikutip dari laman resmi perseroan, Minggu (6/2).
Menurut Sudharma, penyaluran KUR menjadi salah satu solusi yang ditawarkan Bank BPD Bali untuk mempercepat akses keuangan di daerah sekaligus mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
Dalam merealisasikan KUR tersebut, Bank BPD Bali meluncurkan program Mesari (Membangun Masyarakat Bali) yaitu program kredit KUR klaster sektor produksi dengan tambahan benefit subsidi tambahan bunga 3,00% dari bank.
Baca Juga: Pendapatan Non Bunga Sejumlah Bank Besar Tumbuh Kencang
Melalui Mesari, nasabah bisa mendapat subsidi bunga tambahan dari pemerintah sebesar 3,00% sampai Juni 2022. Selain itu, penerima program Mesari hanya perlu membayar bunga KUR 0,00%.
Penerima KUR melalui program Mesari juga mendapat subsidi iuran BPJS Ketenagakerjaan dari Bank yang memiliki 2 manfaat yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm). Mereka juga memperoleh capacity building bagi klaster yang memenuhi kriteria bersumber dari dana CSR/TJSL Bank.
Sejak tahun 2021, penyaluran KUR telah terintegrasi dengan QRIS untuk mendukung kebijakan pembangunan desa melalui Program Desa Kerthi Bali Sejahtera sebagai bagian dari Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali.
Seperti diketahui, BPD Bali menyabet penghargaan sebagai Penyalur KUR Terbaik Tahun 2021 untuk Kategori Bank Daerah. Penghargaan diperoleh dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Selasa (18/1).
Baca Juga: Perkuat Bisnis, Bank Besar Poles Anak Usaha Bank Digital
Penghargaan tersebut berhasil diraih setelah melewati 4 tahap proses penilaian dari pengisian kuesioner sampai wawancara. Kemudian ketepatan perencanaan, strategi dan keunggulan dalam inovasi dalam penyaluran KUR.
"Hal ini menjadi motivasi bagi Bank BPD Bali untuk terus melakukan inovasi dan digitalisasi layanan keuangan serta menjadi garda terdepan dalam mendukung pengembangan UMKM Bali," terangnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News