kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPD siapkan kredit sindikasi


Jumat, 11 Mei 2012 / 08:36 WIB
BPD siapkan kredit sindikasi
ILUSTRASI. Sri Mulyani bakal kerek tarif PPN kejar untuk target penerimaan pajak 2022


Reporter: Christine Novita Nababan |

JAKARTA. Bank Pembangunan Daerah (BPD) menyiapkan kredit sindikasi untuk proyek pembangunan jalan tol Palimanan – Cikampek dan Maluku City Mall senilai Rp 2,45 triliun. Kredit secara keroyokan senilai Rp 2,2 triliun untuk jalan tol akan diikuti oleh BPD DKI Jakarta, BPD Jawa Tengah, BPD Jawa Timur, BPD Kalimantan Timur, BPD Kalimantan Selatan, BPD Riau dan Kepulauan Riau, BPD Papua.

Eko Budiwiyono, Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya pengembangan bisnis BPD. "Untuk sindikasi proyek jalan tol senilai Rp 12 triliun, gabungan tujuh BPD memberi kontribusi Rp 2,2 triliun. Sisanya dari Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA)," ujarnya, Kamis (10/5).

Ketujuh BPD itu akan menekan perjanjian sindikasi kredit sebelum akhir Mei. Tetapi, pencairan kredit mengikuti perkembangan proyek, di antaranya proses pembebasan lahan. Proyek jalan tol ini sendiri diperkirakan membutuhkan waktu tiga tahun untuk proses kontruksi.

Kredit sindikasi ini berjangka waktu tujuh tahun. "Ini menunjukkan, kalau BPD bisa masuk proyek bernilai besar dan sejajar dengan Bank Mandiri atau BCA, asal penyalurannya dilakukan bersama-sama," imbuh Eko.

Untuk proyek Maluku City Mall senilai Rp 250 miliar, sindikasi kredit hanya melibatkan tiga BPD, yaitu BPD DKI Jakarta, BPD Maluku, dan BPD Papua. BPD DKI Jakarta akan memimpin sindikasi. Penandatangan kerja sama akan dilakukan akhir pekan ini.

Di luar dua sindikasi kredit tersebut, BPD juga tengah mengincar proyek pembangunan jalan tol Batang – Semarang, dan Bitung – Manado, serta satu proyek industri di Lampung. Sayangnya, Eko belum mau berkomentar lebih jauh terkait potensi nilai kredit yang bakal disalurkannya.

"Ke depan, akan ada banyak sindikasi kredit oleh BPD-BPD. Posisi kami kuat, peran kami strategis. Kami mau berperan, tidak hanya menonton. Diharapkan, sinergi di antara BPD ini akan memberi kontribusi dan ikut ambil bagian dalam pembangunan ekonomi nasional," terang Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×