kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama dengan PT Pos Incar Pekerja Informal


Jumat, 27 Oktober 2023 / 06:25 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama dengan PT Pos Incar Pekerja Informal
ILUSTRASI. Kantor cabang Pos Indonesia diminta menggaet pekerja informal untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/23/10/2023.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BPJS Ketenagakerjaan menggandeng PT Pos Indonesia untuk menambah peserta dari pekerja informal. Untuk melancarkan tujuan ini, keduanya membuat Racing Contest Joint Marketing. Ini adalah periode kedua kontes tersebut dilakukan yakni pada Juni-Agustus 2023.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris menjelaskan, ini bentuk kolaborasi Pos Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. "Program ini memberi benefit luar biasa bagi kedua belah pihak," ujar dia. 

Haris menambahkan, tujuan utama dari program ini adalah bukan penerima upah bisa terproteksi. Kini jumlah kepesertaan bukan penerima upah meningkat pesat mencapai 540% dibanding program pertama. "Pada periode Maret, Mei, Juni pergerakannya masih malu-malu. Komunikasi Pos dan BPJS Ketenagakerjaan belum terjalin dengan baik," papar dia dalam rilis. 

Baca Juga: Manfaat Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dibayarkan Berkala atau Sekaligus

Namun saat ini jumlah peserta dari kalangan bukan penerima upah kian meningkat. Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin berharap program Racing Contest Joint Marketing bisa berlanjut di perode ketiga. "Saya lihat Jawa Tengah, Kalimantan cukup banyak dan Jabar masih sebagian kecil. Kalau cerita UKM atau informal seharusnya juaranya dari DKI Jakarta. Makanya kami meminta teman-teman dari DKI dikumpulkan. Jika mereka lebih agresif seharusnya penambahan kepesertaan akan lebih agresif juga," ujar Zainudin.

Zainudin memastikan, pihaknya dan Pos Indonesia akan makin agresif menjangkau pekerja informal untuk bisa ikut kepesertaan BPU BPJS Ketenagakerjaan. Khususnya menjangkau UKM. "Bersama Pos, kami mencoba  di beberapa tempat. Jadi UKM yang kami akusisi kami serahkan ke teman-teman Pos. Karena dari 850.000 perusahaan yang daftar ke kami, 70% UKM. Jadi ini pasar baru bagi Pos maupun BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan perlindungan tetap lanjut dan berjalan," tutur Zainudin.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi keduanya, kantor cabang Pos Indonesia di Karawang berhasil menambah peserta baru sebanyak 2.381 peserta baru. Atas pencapaian itu, KCU Kerawang dianugerahi hadiah sebesar Rp 20 juta karena berhasil berhasil mendapat peserta terbanyak dari pekerja informal.  

Sedangkan pemenang nomor dua diberikan kepada kantor cabang Pos Indonesia Ketapang yang menambah 2.272 peserta. Kantor cabang Pos Indonesia Ketapang dihadiahi sebesar Rp 15 juta berkat pencapaian tersebut. 

Baca Juga: Kini, Debitur KUR BRI Dapatkan Perlindungan Dari BPJS Ketenagakerjaan

Sementara itu, kantor cabang Pos Indonesia Semarang menjadi pemenang nomor ketiga dalam Racing Contest Joint Marketing periode kedua. Mereka berhasil mendaftarkan 2.169 peserta baru BPU BPJS Ketenagakerjaan. Pencapaian itu membuat mereka menerima hadiah sebesar Rp 8 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×