kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

BRI Agro fokus bertranformasi secara digital sepanjang 2021


Minggu, 11 April 2021 / 17:23 WIB
BRI Agro fokus bertranformasi secara digital sepanjang 2021
ILUSTRASI. Bank BRI Agro./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/40/2020.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) telah memiliki strategi di 2021. Bank bersandi saham AGRO ini akan fokus melakukan rencana transformasi bisnis BRI Agro dengan melakukan pengembangan bisnis menjadi digital attacker bank akan dikembangkan untuk memperluas basis bisnis perusahaan dan telah merencanakan bisnis model barunya.

“Pada tahun 2021, bisnis digital bank ini akan mulai dikembangkan dengan pengembangan infrastruktur, serta produk yang sesuai dengan layanan serta melakukan pengembangan produk simpanan yang dapat meningkatkan transaksi seperti QR payment, debit card dan digital saving,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Agro Hirawan Nur Kustono dalam keterangan tertulis pada Jumat (9/4). 

BRI Agro memiliki platform Pinjam Tenang atau disebut PINANG dalam menyasar kredit konsumer. Aplikasi PINANG sudah fully digital dengan sistem digital verification, digital scoring dan digital signature. Product development PINANG dilakukan oleh BRI selaku perusahaan induk, kemudian dialihkan ke Perseroan untuk dikembangkan dan dipasarkan. 

Baca Juga: BRI Agro bukukan laba bersih Rp 31,26 miliar sepanjang tahun 2020

Pada tahun 2020, total disbursement PINANG sebesar Rp 70,6 miliar dan sudah melayani debitur lebih dari 18.000 debitur. Kontribusi sektor agribisnis yang menjadi fokus perseroan adalah salah satu penopang pertumbuhan penyaluran kredit Perseroan.

Asal tahu saja, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan masuk ke ranah bank digital dengan BRI Agro sebagai kendaraan. Perizinan untuk menjalankan bisnis sebagai bank digital sudah diajukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Restu dari regulator ditargetkan bisa dikantongi tahun ini sehingga operasional BRI Agro sebagai bank digital sudah bisa dimulai pada akhir 2021.

"Saat ini masih dalam tahap koordinasi terkait bisnis plan dengan OJK dalam rangka aspirasi BRI Agro yang baru. Tetapi kami berharap (sebagai bank digital) bisa dilakukan mulai akhir tahun," kata Viviana Dyah Ayu Retno  Direktur Keuangan BRI dalam konferensi pers virtual belum lama ini. 

Dia menambahkan, begitu rencana bisnis BRI Agro disetujui OJK maka akan segera dilakukan keterbukaan informasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di pasar modal.

Selanjutnya: Dukung pembayaran digital, regulator dan bank kebut pengembangan digital banking

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×