kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Finance Catat Pembiayaan Baru Kendaraan Listrik Melejit


Rabu, 27 September 2023 / 16:26 WIB
BRI Finance Catat Pembiayaan Baru Kendaraan Listrik Melejit
ILUSTRASI. BRI Finance mencatat adanya peningkatan penyaluran pembiayaan baru kendaraan listrik yang signifikan


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) mencatat adanya peningkatan penyaluran pembiayaan baru kendaraan listrik yang signifikan sepanjang tahun berjalan atau year to date (YtD) 2023.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan kendaraan listrik meningkat signifikan pada tahun 2022 yaitu 10.327 unit. Sedangkan tahun 2021 sebanyak 687 unit.

Plt. Direktur Utama dan Direktur Bisnis BRI Finance Primartono Gunawan mengatakan bahwa kendaraan listrik memiliki potensi besar dalam mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga mendukung transisi menuju energi bersih. Menurutnya, pasar kendaraan listrik semakin besar.

“BRI Finance mencatatkan peningkatan penyaluran pembiayaan baru kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang signifikan sebesar 711% ytd tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2022,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/9).

Baca Juga: Hingga Agustus 2023, Total Pembiayaan Tersalurkan BRI Finance Capai Rp 3,6 Triliun

Prima menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung program akselerasi kendaraan listrik dalam mempercepat transisi energi.

“Kami sebagai bagian dari BRI Group akan memberikan dukungan, baik pembiayaan untuk B2B maupun skema B2C,” jelasnya.

Lebih lanjut, Prima memiliki saran kepada pemerintah dari perspektif pelaku pasar dalam mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik, di antaranya:

Pertama, penambahan infrastruktur pengisian baterai ini menjadi salah satu hambatan utama penggunaan kendaraan listrik. Menurutnya, investasi dalam pengembangan stasiun pengisian yang lebih banyak dan lebih cepat akan membantu meningkatkan daya tarik kendaraan listrik.

Kedua, sebagian besar masyarakat belum teredukasi dengan baik tentang penggunaan kendaraan listrik. Edukasi seperti efisiensi energi dan dampak positifnya terhadap lingkungan menjadi sangat penting dalam mengubah persepsi dan perilaku konsumen. Dan ketiga, penambahan subsidi dan insentif.

Baca Juga: BRI Finance Optimistis Penyaluran Pembiayaan Motor Listrik Akan Meningkat

Prima mengungkapkan, untuk arah pembiayaan berkelanjutan, BRI Finance akan tetap mengembangkan ekosistem otomotif, dengan meluncurkan produk-produk unggul yang lebih fresh untuk pembiayaan kendaraan listrik baik sepeda motor maupun mobil.

“BRI Finance juga memiliki produk pembiayaan lain untuk nasabah yaitu pembiayaan multiguna. Ini adalah program pembiayaan untuk segala macam kebutuhan dari calon debitur. Perseroan pun ke depan akan selalu berinovasi untuk mendukung pembiayaan berkelanjutan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×