kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI luncurkan QR Pedagang, berikut kemudahan yang diterima UMKM


Selasa, 24 Agustus 2021 / 15:45 WIB
BRI luncurkan QR Pedagang, berikut kemudahan yang diterima UMKM


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merilis fitur QR Pedagang melalui aplikasi mobile banking, BRImo. Terlebih masyarakat mulai terbiasa menggunakan QR Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu metode pembayaran.

Saat ini, telah banyak QRIS Merchant Present Mode (MPM) dan Customer Present Mode (CPM) dari issuer yang bisa dimanfaatkan oleh customer untuk melakukan scan QRIS yang tersedia di pedagang atau pelaku usaha UMKM.

Fitur teranyar ini merupakan QRIS CPM as Acquirer yang terdapat di dalam aplikasi BRImo. Dengan fitur ini, pedagang bisa memiliki aplikasi One Stop Service hanya dengan melakukan scan pada QR yang ditampilkan oleh customer.

Baca Juga: Bakal ada QRIS lintas negara, merchant BRI bisa terima pembayaran dari Alipay

Fitur tersebut mampu mempermudah pedagang serta customer dalam bertransaksi non-tunai, terutama akan lebih menguntungkan bagi sisi pedagang karena fitur ini mampu meminimalisir resiko kesalahan input nominal.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto bilang QR Pedangan ini perdana hadir di Indonesia. Fitur ini berbeda dengan QRIS yang ditanamkan di aplikasi-aplikasi mobile banking yang ada di perbankan selama ini.

“Kalau selama ini mobile banking yang lain hanya dapat digunakan nasabah atau pelanggan untuk melakukan fitur pembayaran. Saat ini pedagang dengan adanya fitur BRImo Pedagang dapat menjadi solusi untuk menerima pembayaran transaksi dari penerbit kartu bank lain atau finetch,” ujarnya secara virtual pada Selasa (24/8).

Ia bilang manfaat QRIS Pedagang ini mampu mencatat transaksi secara real time ke rekening, sehingga mudah dimonitor. Kemudian dapat menerima QRIS dimana saja melalui handphone tanpa menggunakan alat tambahan seperti EDC atau yang lain.

“Tentu yang mengisi angka adalah pedagang sendiri, maka akan meminimalisir salah input nominal transaksi oleh pembeli. Kemudian juga secara data, ini bisa dimanfaatkan untuk membangun kredit profile daripada pedagang, sehingga akan dapat kemudahan apabila nanti digunakan atau pada saatnya pedagang butuh dana tambahan dalam bentuk pinjaman,” jelasnya.

Ia bilang fitur ini memungkinkan untuk menghindari kesulitan dalam menyediakan uang kembalian. Juga bisa menghindari uang palsu, uang receh kurang, atau ganti permen.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengungkapkan bahwa hingga saat ini, jumlah nasabah BRImo mencapai 11,7 juta pengguna, dan seluruh pengguna BRImo tersebut apabila sudah terhubung menjadi merchant QRIS maka dapat langsung memanfaatkan fitur QR Pedagang ini.

"Bagi pelaku UMKM yang telah memiliki QRIS BRI namun belum terhubung dengan BRImo, maka dapat langsung melakukan download aplikasi BRImo di Playstore maupun Appstore dan melakukan registrasi financial, maka QRIS BRI tersebut dapat langsung otomatis terhubung dengan fitur QR Pedagang di dalam aplikasi BRImo," imbuhnya. 

Jumlah merchant QRIS BRI telah mendekati 500.000 merchant dan angka ini akan terus meningkat. Perseroan menargetkan angka QRIS sampai dengan akhir Desember 2021 mencapai lebih dari 1 juta merchant QRIS.

Dengan bertambahnya pilihan jenis QRIS CPM (efitur QR Pedagang) pada aplikasi BRImo ini, akan semakin mempercepat pertumbuhan jumlah merchant QRIS BRI.

Cara menjadi mitra merchant BRI pun cukup mudah. Nasabah yang sudah terdaftar sebagai merchant QRIS pada aplikasi BRImo dapat otomatis menggunakan fitur QR Pedagang.

Baca Juga: BRI Liga 1 2021/2022 dapat izin Luhut, jadwal pertandingan diumumkan hari ini

Sedangkan bagi nasabah maupun non-nasabah BRImo yang belum terdaftar menjadi merchant QRIS cukup mendaftar melalui website BRI.

 Lalu mengisi form aplikasi online yang telah tersedia serta memastikan alamat dan no handphone yang didaftarkan sudah sesuai untuk mempermudah tahapan verifikasi.

Pendaftaran melalui website untuk saat ini hanya dapat dilakukan untuk wilayah Jabodetabek. Ke depannya, dalam waktu tiga bulan, web ini bisa diakses oleh pedagang di seluruh Indonesia. "Nasabah dari segala usia kini semakin familiar menggunakan BRImo yang merupakan layanan mobile banking apps BRI. Kami berkomitmen untuk terus memperkaya fitur-fitur BRImo kedepannya agar senantiasa memenuhi kebutuhan transaksi nasabah yang memberikan berbagai kemudahan, sehingga transaksi dapat dilakukan dengan praktis dari mana pun dan kapan pun lewat genggaman," pungkas Handayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×