kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Mengincar Transaksi US$ 80 Juta di UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023


Rabu, 22 November 2023 / 14:08 WIB
BRI Mengincar Transaksi US$ 80 Juta di UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2023
ILUSTRASI. Direktur Utama BRI Sunarso.


Reporter: Nindita Nisditia | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberpihakan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sebagai lembaga keuangan ke pelaku UMKM semakin terlihat. Bank yang selama ini gencar menyalurkan kredit  wong cilik ini kembali menyelengarakan penyelenggaraan pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang tahun ini ini mengambil tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global.

Dengan spirit mendorong penguatan brand dan bisnis UMKM secara strategis mengikuti perkembangan zaman, diharapkan pelaku usaha semakin fokus dan terpacu untuk memperluas jaringan ke rantai pasok global. BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 akan dilaksanakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 7 s.d 10 Desember 2023.

Terkait dengan hal terebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional, mengingat posisi UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain’, ungkap Sunarso dalam Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Rabu (22/11).

Dalam kegiatan ini juga. pelaku UMKM berkesempatan menjajaki kerjasama dengan para calon pembeli (buyer) dari berbagai negara melalui business matching pada rangkaian acara virtual business matching yang akan dilakukan pada 27 – 29 November 2023. BRI pun menargetkan pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Jepang, Hongkong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, US, Mexico, Canada, Belanda, Italia, Australia, New Zealand, dan sebagainya.

Sunarso menyampaikan, business matching dari kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR sudah melibatkan 25 negara. Adapun nilai kontraknya terus meningkat setiap tahun, yakni sebesar US$ 57,5 pada tahun 2020, US$ 72,1 juta pada 2021 secara virtual, dan US$ 76,7 juta pada tahun 2022.

Sunarso bilang, BRI menargetkan nilai kontrak business matching kali ini bisa mencapai US$ 80 juta pada kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023.

Pada tahun ini, jumlah UMKM pendaftar meningkat 168% dari tahun sebelumnya, yakni tercatat ada 3.183 UMKM pendaftar melalui website brilianpreneur.com. UMKM yang telah mendaftar pun telah menjalani kurasi hingga terpilih lebih dari 500 pelaku UMKM yang dihadirkan pada showcase di Jakarta Convention Center.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI memiliki enam kantor di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan 1.200 bank untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara global.

“BRI juga membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×