kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI siapkan Rp 20 M untuk 4 kantor cabang kapal


Jumat, 28 Februari 2014 / 09:33 WIB
BRI siapkan Rp 20 M untuk 4 kantor cabang kapal
ILUSTRASI. Produksi kendaraan Suzuki Indonesia


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Setelah lama menjadi wacana, kepastian realisasi kantor cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam bentuk kapal semakin dekat. BRI telah menyiapkan Rp 20 miliar untuk mewujudkan program yang bernama BRI Teras Kapal tersebut.

Menurut Ahmad Baequni, Direktur Keuangan BRI, program ini akan dilaksanakan pada September atau Semester II tahun ini. "Lokasinya sudah ditetapkan 4 titik, yaitu Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Kepulauan Bau-Bau di Sulawesi Tenggara, Kepulauan Halmahera di Maluku Utara, dan Tanjung Selor di Kalimantan Utara," kata Baequni di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Alasan BRI memilih 4 wilayah tersebut diakui karena jangkauan kantor cabang BRI belum sampai ke sana. Sebab potensi kegiatan ekonomi di 4 wilayah tersebut belum optimal sehingga memang tak memungkinkan BRI membangun kantor cabang disana. "Kini dengan kapal, kami berharap 4 wilayah itu bisa terjangkau layanan kami," ujar Baequni.

BRI sendiri sudah menyiapkan dana investasi sebesar Rp 20 miliar untuk membuat 4 Teras BRI Kapal tersebut. Tahap awal sendiri, BRI memang hanya mematok 4 kapal untuk 4 wilayah tersebut. Masing-masing kapal diperkirakan memerlukan investasi Rp 1 miliar-Rp 2 miliar. "Bukan tak mungkin setelah evaluasinya bagus, jumlah kapal akan kami tambah," imbuh Baequni.

Adapun layanan bisnis BRI Teras Kapal, menurut Muhammad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI, tak jauh berbeda dengan BRI Teras Mobil yang didaratan. "Kredit yang disalurkan akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang tinggal di 4 wilayah kepulauan tersebut. Misalkan bisnis rumput laut yang potensinya besar di wilayah kepulauan," kata Ali beberapa waktu lalu.

Tahap awal, BRI akan fokus menyalurkan kredit mikro khususnya sektor perikanan, perdangangan dan pertanian. Namun bisa saja ada sektor lain yang disasar mengingat potensi ekonomi berbagai daerah di Indonesia amat beragam. "Tapi kami belum mematok target kredit yang disalurkan melalui 4 BRI Teras Kapal," ujar Ali.

Selain itu, layanan lain dari BRI Teras Kapal adalah membuka tabungan dan ATM, penyetoran maupun penarikan uang tunai, transfer, pembelian pulsa telepon dan listrik. Begitu pula dengan kebutuhan infrastruktur dan teknologi yang menurut Ali tak jauh beda dengan kantor cabang BRI di daratan.

"Kami juga berharap terobosan ini juga akan menjadi sumber-sumber baru penghimpunan DPK di wilayah yang selama ini tak tersentuh layanan perbankan," pungkas Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×