kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI sudah salurkan kredit Rp 20,7 triliun dari penempatan dana pemerintah


Senin, 27 Juli 2020 / 11:18 WIB
BRI sudah salurkan kredit Rp 20,7 triliun dari penempatan dana pemerintah
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sunarso. BRI sudah salurkan kredit Rp 20,7 triliun dari penempatan dana pemerintah. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berhasil menyalurkan pinjaman yang bersumber dari dana percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 20,7 triliun hingga 24 Juli 2020. Capaian itu dua kali lipat dari dana yang diterima BRI dari pemerintah sebesar Rp 10 triliun.

Pada 25 Juni lalu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah sepakat untuk melakukan penempatan dana senilai Rp 30 Triliun di Bank – Bank milik negara, khusus untuk BRI mendapatkan Rp 10 triliun.

Baca Juga: Tujuh BPD mendapat dana pemerintah Rp 11,5 triliun

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menjelaskan, dari Rp 20,7 triliun pinjaman yang disalurkan tersebut Rp 15 triliun diantaranya disalurkan kepada lebih dari 476 ribu pelaku usaha mikro dan sisanya sebesar Rp 5,7 triliun dinikmati lebih dari 10 ribu pelaku usaha kecil dan menengah.

“Hal ini sesuai dengan janji BRI kepada pemerintah, dimana kami berkomitmen akan me-leverage pinjaman tiga kali lipat dalam tiga bulan, dan BRI dalam satu bulan sudah mampu me-leverage dua kali lipat,” kata Sunarso dalam keterangan resminya, Senin (27/7).

Sunarso yang juga Ketua Himbara sebelumnya mengatakan bank pelat merah akan menyalurkan kredit hingga Rp 90 triliun atau tiga kali lipat dari dana yang ditempatkan oleh pemerintah.

Ia mengungkapkan, penyerapan permodalan untuk UMKM harus dipercepat guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional seperti saat ini. Salah satu terobosan yang dilakukan oleh BRI yakni dengan melakukan channeling Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui e-commerce dan perusahaan ride hailing.

Baca Juga: Bunga deposito paling tinggi cuma 5,63%, ini bunga deposito bank di awal pekan ini

“Berbagai inovasi digital yang dilakukan BRI merupakan sebagai upaya Kami untuk dapat memperluas akses permodalan bagi UMKM,” pungkas Sunarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×