kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Targetkan KUR Baru Rp 6,5 Tahun


Selasa, 03 Agustus 2010 / 08:10 WIB
BRI Targetkan KUR Baru Rp 6,5 Tahun


Reporter: Andri Indradie | Editor: Test Test

TEBING TINGGI. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kian gencar menggelontorkan kredit bagi masyarakat. Untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), bank pelat merah ini menargetkan mampu mengucurkan kredit baru minimal Rp 6,5 triliun di akhir 2010.

Adapun target maksimalnya, Direktur Kepatuhan BRI Bambang Soepeno mengungkapkan, BRI menargetkan bisa menyalurkan hingga Rp 8 triliun. "Jadi Rp 8 triliun itu batas atas. Untuk batas minimal, kami menargetkan bisa menyalurkan Rp 6,5 triliun," kata Bambang, pekan lalu.

Bambang optimistis, BRI bisa memenuhi target penyaluran KUR baru itu. Alasannya, saat ini saja, penyaluran KUR sudah mencapai setengah dari angka target minimal Rp 6,5 triliun. BRI sudah menyalurkan sekitar Rp 3,15 triliun KUR di semester I-2010 ini. "Nanti akan kami push dalam tiga bulan ke depan mengingat ada puasa, lebaran, dan liburan menjelang natal," lanjut Bambang.

Keyakinan BRI menambah debitur baru tertopang produk kredit yang mereka tawarkan, seperti Teras BRI. Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI menambahkan, produk kredit yang masuk ke pasar-pasar basah ini, sangat membantu penetrasi KUR bank ini di pasar mikro. "Meski usia produk kredit Teras BRI relatif baru, tapi kontribusinya sudah signifikan, KUR Mikro yang tersalurkan lewat Teras BRI sekitar Rp 24,987 miliar," ujar Ali.

Nah, sebagian besar KUR Mikro BRI itu memang disalurkan ke pelaku usaha mikro atau pengusaha pemula yang tidak bankable namun feasible. Ke depannya, dia berharap, debitur KUR yang telah dibiayai BRI dapat menjadi nasabah komersial. "Sehingga tujuan KUR untuk meningkatkan usaha dan menciptakan pengusaha mikro yang baru tercapai", imbuhnya.

Sampai dengan Juni 2010, jumlah debitur KUR yang bermigrasi ke komersial mencapai 405.783 orang. Rinciannya, KUR Ritel (pinjaman di atas Rp 5 juta) sebanyak 3.527 orang dan KUR Mikro (pinjaman di bawah Rp 5 juta) sebanyak 402.256 orang.

Sementara untuk total outstanding penyaluran KUR per Juni 2010 mencapai Rp 16,7 triliun. Jika target penyaluran KUR baru nanti bisa mencapai Rp 6,5 triliun, Ali bilang, outstanding KUR BRI bisa menyentuh Rp 19,75 triliun. "Mempertahankan posisi KUR cukup menantang karena pengembalian pinjaman KUR di bawah Rp 5 juta masih terbilang bagus," tutur Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×