kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Ventures menjadi salah satu investor strategis di Grab


Rabu, 09 Juni 2021 / 18:09 WIB
BRI Ventures menjadi salah satu investor strategis di Grab
ILUSTRASI. Chief Executive Officer (CEO) BRI Ventures Nicko Widjaja


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grab dan BRI Ventures mengonfirmasi bahwa BRI Ventures menjadi salah satu investor strategis Grab. BRI Ventures adalah perusahaan modal ventura milik Bank BRI, lembaga keuangan mikro terbesar di dunia dan bank digital terkemuka di Indonesia.

“Kami melakukan investasi strategis ke Grab, dimana kami melihat, Grab sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara telah banyak membuka jalan bagi startup dan UMKM untuk lebih maju," ujar Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures, Rabu (9/6).

Selain itu, Nicko mengungkapkan hal ini juga sejalan dengan tujuan pihaknya untuk mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia melalui pemberdayaan ekosistem startup. 

Kolaborasi antara ekosistem UMKM Grab dan jangkauan Bank BRI yang luas di seluruh Tanah Air telah membantu percepatan pengembangan ekonomi digital di Tanah Air.

"Dapat dilihat dari sinergi yang selama ini telah dilakukan, dimana membuahkan hasil yang luar biasa,” kata Nicko.

Baca Juga: Sinergi integrasi layanan keuangan perbankan digital, BRI Agro gandeng majoo

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia mengatakan, UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia dan jika pihaknya dapat lebih membantu mereka berkembang di era digital, mereka akan memainkan peran penting dalam pemulihan ekonomi bangsa.

"Kami merasa sangat terhormat dapat bermitra dengan BRI Ventures dalam upaya ini dan tidak sabar untuk bertemu dengan para startup terpilih tahun ini. Kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan BRI Ventures. Kami melihat mereka sebagai mitra penting dalam misi kami untuk melayani Indonesia,” ungkap Neneng.

Pada Mei 2020, Grab dan Bank BRI meluncurkan fasilitas pinjaman bunga rendah untuk merchant GrabFood dan Agen GrabKios, serta mitra pengemudi Grab. Mitra pengemudi mendapatkan akses pinjaman Bank BRI hingga Rp 5 juta atau senilai US$ 345 dan juga mendapatkan manfaat dari asuransi kecelakaan diri.

Grab dan Bank BRI juga menyalurkan Pinjaman Modal Kerja Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp 50 juta atau sebesar US$ 3,447 dengan bunga 6% kepada merchant GrabFood dan agen GrabKios. 

Pinjaman KUR merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah Indonesia untuk memastikan kelangsungan bisnis dan mendukung penyerapan tenaga kerja selama pandemi, sekaligus memberdayakan sebagian besar UMKM yang tidak memiliki rekening bank.

Selanjutnya: Modal Ventura gencar suntikan dana ke startup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×