kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

BRISyariah targetkan investor ritel untuk pasar sukuk ritel SR-011


Senin, 04 Maret 2019 / 22:59 WIB

BRISyariah targetkan investor ritel untuk pasar sukuk ritel SR-011


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak tanggal 1 hinggal 21 Maret 2019, Pemerintah membuka kembali masa penawaran Sukuk Ritel seri SR-011. Sukuk Ritel SR-011 adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang diterbitkan oleh Pemerintah RI berdasarkan prinsip Syariah. S

ukuk Ritel ditawarkan kepada investor perorangan (WNI) di pasar perdana dalam negeri. SR-011 merupakan alternatif pilihan investasi yang sangat menarik kerena aman, terjangkau, mudah didapatkan, likuid  dapat dicairkan (dijual) sewaktu-waktu memberikan imbal hasil yang kompetitif dan yang pasti sudah mendapatkan pernyataan sesuai dengan prinsip syariah dari DSN MUI.


SR-011 merupakan investasi yang aman karena pembayaran pokok dan imbalanya dijamin oleh Undang-undang. Nominal investasinya juga terjangkau dari mulai minimal Rp 1 juta sampai dengan maksimal Rp. 3 miliar per individu WNI. 

Untuk penjualan SR-011 ini, Pemerintah menggandeng 22 mitra distribusi yang terdiri dari perbankan dan perusahaan sekuritas. BRIsyariah sendiri sudah menjadi mitra distribusi SBSN Ritel sejak tahun 2012 dan pada tahun 2019 kembali dipercaya pemerintah menjadi salah satu mitra distribusi SR-011. 

Melalui BRIsyariah, masyarakat sudah bisa melakukan pemesanan SR-011 mulai tanggal 1-21 Maret 2019. Tingkat imbalan SR-011 sangat menarik yaitu 8,05% p.a yang dibayarkan kepada investor pada tanggal 10 setiap bulannya, dengan tenor 3 tahun dan masa holding hanya 2 bulan. 

Selain itu fitur menarik lainnya yaitu SR-011 bersifat tradable artinya dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah masa holding period berakhir dan mempunyai potensi capital gain. Instrumen SR-011 dipasarkan secara offline sesuai arahan Kemenkeu. 

Untuk memesannya, investor harus mendatangi langsung Kantor Cabang para mitra distribusi. Saat ini jaringan BRISyariah sudah tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari 52 Kantor Cabang dan 212 Kantor Cabang Pembantu semuanya bisa melayani pemesanan SR-011. 

Untuk dapat berinvestasi SR-011 melalui BRIsyariah persyaratan pun cukup mudah yaitu nasabah sudah memiliki rekening BRIsyariah dan memiliki Single Investor Identification (SID). Bagi nasabah yang belum memiliki SID, BRIsyariah akan membantu memproses sampai nasabah mendapatkan SID. 

Nasabah cukup datang ke KC dan KCP BRIsyariah terdekat untuk melakukan pemesanan melalui CS dan melakukan pembayaran.  BRIsyariah menargetkan nasabah ritelnya sebagai pangsa pasar SR-011. 

“BRIsyariah saat ini memiliki basis investor ritel yang cukup besar. Sejak IPO di bulan Mei 2018, jumlah investor ritel BRIsyariah meningkat mencapai 115,67%. Mereka merupakan target yang juga disasar oleh BRIsyariah untuk memiliki Sukuk Ritel SR-011 ini,” ujar Sekretaris Perusahaan BRIsyariah, Indriati Tri Handayani, dalam siaran persnya, Senin (4/3). 

Keuntungan lainnya berinvestasi di SR-011 adalah pajak yang dikenakan hanya 15%. Sementara pada produk lainnya misalnya deposito, pajak yang dikenakan sebesar 20%. 


Reporter: Handoyo
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×