kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSI Bidik Transaksi Perbankan Syariah di Lingkungan TNI AL


Senin, 03 Januari 2022 / 20:17 WIB
BSI Bidik Transaksi Perbankan Syariah di Lingkungan TNI AL
ILUSTRASI. Direktur Utama BSI Hery Gunardi (tengah) menyaksikan penandatanganan kerjasama oleh Direktur BSI Kokok Alun Akbardengan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menandatangani perjanjian kerjasama dengan TNI AL meliputi dua hal diantaranya pengelolaan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) non gaji di lingkungan TNI Angkatan Laut dan penyediaan layanan pembayaran gaji anggota TNI Angkatan Laut.

Pada tahap awal ini, Bank Syariah Indonesia siap memfasilitasi layanan payroll gaji para anggota TNI AL yang bertugas di Wilayah Aceh. Langkah ini dilakukan seiring dengan komitmen BSI untuk mendukung penuh Aceh dalam penerapan perda Qanun Lembaga Keuangan Syariah terkait implementasi perbankan syariah. 

Hadir dalam penandatanganan kerjasama ini Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi, Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar, Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso di Jakarta (3/1).

Dengan adanya kerjasama ini, BSI memberikan akses finansial system Cash Management System (CMS) meliputi inquiry saldo, transfer bank, pembukaan rekening giro secara online dan pembayaran penerimaan negara & utilitas maupun fasilitas lain sehingga TNI AL dapat bertransaksi secara realtime, efisien dan aman.

Baca Juga: Bukalapak dan Grup Salim Masuk Jadi Investor Allo Bank (BBHI)

Sedangkan dari sisi pembayaran gaji anggota TNI AL, fasilitas ini memudahkan para anggota untuk mengakses gaji secara realtime melalui BSI Mobile sehingga menumbuhkan awareness untuk go digital melalui sistem cashless.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi menyampaikan bahwa BSI siap menyokong seluruh pemangku kepentingan termasuk TNI AL untuk menumbuhkan aktivasi perbankan syariah di Indonesia, di mana saat ini pemerintah tengah serius menjadikan Indonesia menjadi corong dan barometer ekonomi syariah dunia.

"Dengan adanya kerjasama ini pula diharapkan dapat mengokohkan peranan TNI AL sebagai prajurit pertahanan negara untuk dapat memberikan transparansi kepada publik. Kerjasama ini menjadi awalan BSI untuk ke depannya dapat memberikan layanan bagi TNI AL di seluruh Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Senin (3/1).

Pada kesempatan yang sama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono siap mengimplementasikan dan memberikan kebebasan kepada seluruh anggota untuk aktivasi perbankan syariah di lingkungan anggotanya. 

Hal ini sejalan dengan dukungan TNI AL terhadap ketentuan Kementerian Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 11/PMK.05/2016 yang mengatur tentang penyaluran gaji melalui rekening PNS Pusat, Prajurit TNI dan Anggota Polri melalui bank umum yang dilakukan secara terpusat.

Baca Juga: Perbankan Bakal Tuai Berkah dari Berbagai Program Pemerintah di Tahun 2022

Dengan aturan ini, bank umum baik bank umum konvensional maupun bank umum syariah dapat menjadi bank penyalur dana gaji ke masing-masing rekening pegawai negeri.

Bentuk kerja sama ini diharapkan dapat menjadi energi baru bagi ekonomi Indonesia serta mampu memberikan akses pertumbuhan ekonomi syariah di berbagai lini usaha, seperti dalam pembiayaan, layanan digital syariah dan industri halal sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×