kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSI Salurkan 3.691 Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia


Minggu, 10 Juli 2022 / 12:50 WIB
BSI Salurkan 3.691 Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi memberikan secara simbolik 3691 ekor kurban kepada masyarakat dhuafa pada Idul Adha 2022.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZNAS BSMU) bersama 23 lembaga zakat menyalurkan 3.691 hewan kurban bagi masyarakat duafa ke berbagai wilayah Indonesia melalui Program Inspirasi Kebaikan Idul Adha 1443 H.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, berkurban adalah ibadah tahunan yang terus harus dilakukan agar selalu belajar dan mempertajam kepekaan untuk peduli terhadap sesama.

Hal ini sejalan dengan semangat Bank Syariah Indonesia untuk terus meningkatkan peran aktif dalam mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jiwa iklas berkorban dan peduli terhadap sesama ini penting sekali ditumbuhkan dalam setiap pribadi, serta yang terpenting dapat mengambil hikmah dari simbolik ibadah kurban. Insya Allah ini menjadi berkah untuk kita semua,” tutur Hery Gunardi dalam keterangan tertulis pada Minggu (10/7).

Baca Juga: BSI Dorong Nasabah Melakukan Investasi Emas Secara Syariah

Idul Adha ini juga menjadi semangat BSI untuk mengajak masyarakat berbagi kebahagiaan dengan menyalurkan hewan kurban terbaik, dimana saat ini BSI telah memberikan banyak kemudahan akses pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile, BSI Hasanah Card dan channel-channel lainnya yang bekerjasama dengan lembaga LAZNAS terpercaya. 

Tercatat jumlah penyaluran hewan kurban yang dilakukan BSI tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yaitu dari 3.306 ekor menjadi 3.691 ekor, yang terdiri dari 358 ekor sapi dan 3.333 ekor kambing.

Keseluruhan hewan kurban tersebut dihimpun melalui pembelian hewan kurban melalui e-channel BSI Mobile. Melalui e-channel tersebut, BSI menargetkan lebih dari 3.000 transaksi pembelian hewan kurban. Di samping itu, penghimpunan juga dilakukan melalui Kerjasama dengan LAZNAS BSMU dan mitra lainnya.

Adapun proses kurban yang dilakukan BSI bersama LAZNAS BSMU ini mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait  penyembelihan hewan kurban di tengah merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Salah satunya dengan mengikuti apa yang disarankan MUI untuk menyembelih hewan ternak yang sehat, setelah sebelumnya melakukan proses jual beli hewan kurban sesuai yang diizinkan pemerintah daerah setempat.

Baca Juga: Ekspansi Internasional, BSI Siapkan Strategi Garap Pusat Keuangan Syariah di Dubai

Hery pun menegaskan bahwa pihaknya menerapkan green activity pada saat pemotongan hewan kurban. Green activity yang dilakukan oleh perseroan mencakup penggunaan kantong besek bambu yang mudah terurai, penampungan limbah kotoran sapi dan kambing ramah lingkungan demi menjaga kualitas udara agar tidak tercemar polusi, serta peningkatan kualitas kemasan untuk daging siap olah. 

“Hal ini merupakan ikhtiar kegiatan yang mengedepankan prinsip ramah lingkungan, sebagai komitmen BSI dalam menerapkan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) di berbagai sektor,” tambahnya.

Selain penyaluran daging hewan kurban, Program Inspirasi Kebaikan Idul Adha 1443 H juga mencakup literasi pentingnya berkurban dan berhaji sejak dini. BSI terus mendorong pemahaman masyarakat melalui serangkaian program kurban bersama BSI Hasanah Card, pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile, serta program berhaji melalui BSI Tabungan Haji Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×