Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (BTN) bersama Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sukses menggelar BTN Indonesia Fashion Week (IFW) 2025 di Jakarta Convention Center, 28 Mei–1 Juni 2025. Dalam acara ini, transaksi pengunjung dipermudah melalui platform Bale by BTN dan Kartu Debit BTN.
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, menyatakan bahwa dukungan terhadap IFW 2025 merupakan bagian dari komitmen BTN dalam mendorong pertumbuhan UMKM, khususnya di sektor fesyen yang punya dampak ekonomi besar.
“Fesyen lokal tak kalah dengan merek global. Lewat IFW, kami ingin memperluas jangkauan Bale by BTN ke kalangan masyarakat modern dan mendukung ekosistem digital kreatif,” ujar Nixon dalam keterangannya, Senin (2/6)
BTN tak hanya mendukung pembiayaan perumahan, tapi juga aktif membangun layanan keuangan digital untuk pelaku industri gaya hidup. Melalui Bale by BTN, nasabah dapat menikmati layanan seperti investasi, pemesanan tiket, daily cleaning, wellness, hingga akses eksklusif ke produk MAP Group.
Baca Juga: BTN Targetkan Transaksi Penjualan Aset Mangkrak Capai Rp 1,3 Triliun pada 2025
Selama IFW 2025, BTN menghadirkan promo menarik seperti diskon hingga 30% untuk pembelian produk fesyen dan F&B. Total transaksi selama lima hari mencapai Rp4 miliar, naik 50% dibanding tahun lalu, dengan 63% kontribusi dari Bale by BTN.
Nixon menjelaskan, BTN melihat potensi besar dalam pengembangan transaksi digital di sektor fesyen, selain layanan gaya hidup lain yang tersedia di Bale by BTN, seperti pemesanan tiket, jasa kebersihan harian, dan layanan wellness. Salah satu inisiatifnya adalah integrasi dengan merchant fesyen dari MAP Club, yang memberi nasabah akses eksklusif ke produk dan promo fesyen MAP Group melalui aplikasi Bale by BTN.
Tak hanya fitur gaya hidup, Bale by BTN juga menyediakan layanan investasi seperti pembelian reksadana dan asuransi, memudahkan nasabah berinvestasi untuk masa depan hanya lewat satu aplikasi.
“Melalui integrasi ini, nasabah bisa menikmati berbagai penawaran fesyen langsung dari aplikasi, yang mendorong pertumbuhan transaksi digital. Kami menargetkan jumlah pengguna Bale by BTN mencapai 3,6 hingga 4 juta pada 2025,” imbuh Nixon.
Baca Juga: BTN Torehkan Pertumbuhan Ekosistem Digital Pembiayaan Perumahan
Hingga kuartal I-2025, pengguna Bale by BTN telah mencapai 2,4 juta atau naik 76% secara tahunan, dengan nilai transaksi Rp22,3 triliun dari 492 juta transaksi.
Apresiasi untuk Nasabah Prioritas
IFW 2025 juga menjadi ajang apresiasi bagi nasabah BTN Prioritas yang kini berjumlah lebih dari 34 ribu. Dana pihak ketiga dari segmen ini menyumbang Rp35 triliun, atau hampir 55% dari total DPK BTN. Total dana kelolaan (FUM) mencapai Rp58,3 triliun per April 2025, naik 12% yoy, dengan pertumbuhan dana di produk Wealth mencapai lebih dari 20%.
BTN juga terus mengembangkan ekosistem fesyen melalui kolaborasi strategis dengan APPMI dan desainer nasional. Nasabah Prioritas bisa menikmati berbagai benefit eksklusif melalui platform loyalty PLUS by BTN, yang telah meraih penghargaan nasional dan internasional.
“BTN berkomitmen menjadi mitra keuangan andal bagi nasabah Prioritas, dengan solusi lengkap mulai dari simpanan, investasi, hingga proteksi.” tutup Nixon.
Selanjutnya: OJK Catat Pembiayaan BNPL Perusahaan Pembiayaan Tumbuh 47,11% per April 2025
Menarik Dibaca: Pasar Saham dan Obligasi Hancur, Robert Kiyosaki Bilang Orang Rame-Rame Beli Ini
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News