kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BTPN Sah Jadi Pengendali Saham OTO Grup, Nilai Akuisisi Capai Rp 6,55 Triliun


Rabu, 27 Maret 2024 / 17:36 WIB
BTPN Sah Jadi Pengendali Saham OTO Grup, Nilai Akuisisi Capai Rp 6,55 Triliun
ILUSTRASI. Akuisisi OTO Group menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portofolio bisnis yang semakin lengkap.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank BTPN Tbk (BTPN) resmi menjadi pengendali saham OTO Grup, setelah penyelesaian akuisisi PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF) dengan transaksi senilai Rp 6,55 triliun. Dengan demikian BTPN memegang saham sebesar 51% atas dua perusahaan tersebut.

Direktur Utama BTPN Henoch Munandar mengatakan, Akuisisi ini akan memperkuat sinergi antara Bank BTPN dan OTO Group dalam menangkap peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia.

“Akuisisi Bank BTPN terhadap OTO Group menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portofolio bisnis yang semakin lengkap untuk melayani segmen nasabah lebih luas," kata Henoch saat ditemui dalam konfrensi pers di Jakarta, Rabu (27/3).

Lebih lanjut Henoch mengatakan, dengan bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan, memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah kami.

Baca Juga: BCA Syariah Permudah pembayaran Zakat Lewat Layanan Digital

Seremoni akuisisi aaham OTO Grup.

Setelah penyelesaian akuisisi tersebut, komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF  akan menjadi berubah, dimana BTPN akan memegang saham sebesar 51%, PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation sebesar 34%, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 15%.

Integrasi OTO Group ke jaringan Bank BTPN diharapkan dapat semakin melengkapi portofolio produk dan layanan Perseroan yang senantiasa relevan bagi nasabah. 

Sinergi tersebut juga diproyeksikan membuka berbagai peluang baru untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, khususnya di sektor pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua.

Victoria Rusna selaku Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group menyampaikan penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi OTO Group selama hampir tiga dekade melayani masyarakat Indonesia.

"Sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat, serta dapat menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih luas jangkauannya kepada masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil atau yang belum terjangkau layanan keuangan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×