kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Buka rekening bank secara daring makin marak


Senin, 22 Juli 2019 / 19:45 WIB
Buka rekening bank secara daring makin marak

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemudahan pembukaan rekening secara daring jadi nilai tambah bagi bank guna menggaet calon nasabah. Makanya kini, bank terus berlomba meluncurkan fitur ini.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) misalnya tengah mengembangkan fitur, dan berencana meluncurkannya dalam waktu dekat. Bahkan Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan bilang, meskipun belum dirilis, fitur tersebut sudah berlangsung di aplikasi Go Mobile CIMB Niaga.


“Sudah ada sekitar 1.000-2.000-an nasabah baru yang buka rekening baru secara online. Kelak kami akan menargetkan 1 juta nasabah baru per tahun yang membuka rekening secara online,” Kata Lani, Senin (22/7) di Jakarta.

Meskipun sudah berfungsi, Lani bilang fitur tersebut belum resmi meluncur lantaran CIMB Niaga masih menyempurnakan proses sistemnya. Terutama terkait proses know your customer (KYC) melalui panggilan video.

Lagipula aplikasi Go Mobile yang direncanakan untuk bertransformasi ini diproyeksikan untuk menjadi super app. Bukan cuma pembukaan rekening secara daring, aplikasi tersebut juga kelak akan berfungsi sebagai dompet digital (e-wallet) hingga pengajuan kredit konsumsi. Niatnya agar dana murah CIMB Niaga bisa makin tebal

“Jadi bisa untuk isi saldo Go Pay, Ovo, sampai anti bsa untuk pengajuan KTA, KPR, KKB. Jadi buat nasabah akan lebih mudah dan menguntungkan karena buat apa mereka menyimpan uang yang tidak diberikan bunga? Lebih baik melalui tabungan,” paparnya.

Adapula PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga sudah erhasil mengakuisisi banyak nasabah melalui fitur serupa yang resmi diluncurkan BCA sejak Maret lalu.

“Sejak diluncurkan di akhir Maret 2019, Pembukaan rekening melalui smartphone hingga Juni 2019 membukukan sekitar 100.000 rekening baru dengan jenis tabungan Tahapan yang paling banyak diminati,” katanya kepada Kontan.co.id.

Bank swasta terbesar di tanah air ini juga makin menyempurnakan fitu-fitur terkait seperti BCA Keyboard, dan OneKlik. Beragam edukasi dan promosi terkait juga terus dilakukan BCA.

Awareness akan cara baru untuk membuka rekening terus ditingkatkan melalui berbagai media komunikasi, edukasi dan customer activation di berbagai event dan program marketing,” lanjutnya.

Sementara Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Handayani mengaku fitur pembukaan rekening secara online ini berhasil mengakuisisi nasabah baru, khususnya di kalangan anak muda.

“Sejak launching sampai dengan Juni 2019, sudah ada 10.000 lebih rekening yang dilakukan pembukaan melalui aplikasi Brimo.

Saat ini jenis tabungan yg dilakukan pembukaan melalui aplikasi Brimo adalah Tabungan BRI BritAma Muda, sesuai dengan target market aplikasi Brimo yaitu segmen millenials,” katanya.

Bank pelat merah ini menargetkan hingga akhir tahun, fitur di aplikasi BRImo tersebut dapat mengakuisisi 30.000 rekening baru.




TERBARU

Close [X]
×