kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin canggih, buka rekening bank saat ini cukup lewat genggaman


Minggu, 09 Juni 2019 / 20:24 WIB
Makin canggih, buka rekening bank saat ini cukup lewat genggaman


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan terus berbenah dalam mengikuti perkembangan teknologi. Di era digital ini, bank terus berkejar-kejaran memberikan kemudahan layanan keuangan guna menarik lebih banyak nasabah. Salah satu inovasi yang tengah gencar dilakukan perbankan saat ini dalam pembukaan rekening.

Perbankan tengah berlomba-lomba menghadirkan layanan pembukaan rekening secara online. Kini, hanya lewat smartphone dalam genggaman, masyarakat sudah bisa memiliki rekening tabungan. Tidak perlu lagi buang-buang waktu ngantri di kantor cabang bank.

Bank yang sudah melakukan inovasi ini salah satunya PT Bank Centra Asia Tbk (BBCA, anggota indeks Kompas100). Bank yang masuk kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) IV ini telah meluncurkan layanan buka rekening online sejak 11 April 2019 lalu. Semua tahapan dilakukan lewat online. Bahkan untuk prinsip know your costumer (KYC) pun dilakukan hanya lewat video call.

Jan Hendra, Sekretaris Perusahaan BCA mengatakan, pembukaan rekening lewat aplikasi Mobile BCA itu mendapat respons yang cukup baik dari pasar yang tercermin dari peningkatan pembukaan rekening baru. "Saat ini pembukaan rekening kami sudah mencapai sekitar 1000 per hari." ungkapnya pada Kontan.co.id, baru-baru ini.

Mengingat masih baru diluncurkan, Jan bilang, pihaknya masih butuh waktu untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Namun dengan perkembangan terakhir, perseroan menyakini inovasi baru itu akan membawa kontribusi yang besar ke depan. Sementara hingga April 2019, total jumlah rekening tabungan BCA telah mencapai sekitar 19 juta atau tumbuh 12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja sebelumnya menyebutkan, setidaknya dari target akuisisi satu juta nasabah yang dipatok perseroan tiap tahun bisa bertambah dua kali lipat dengan adanya aplikasi itu.

PT Bank CIMB Niaga Tbk juga tak mau ketinggalan. Aplikasi pembukaan rekening online CIMB Niaga lewat Go-mobile sudah bisa didownload saat ini di Playstore. Hanya saja peluncuran resminya baru akan dilakukan usai libur lebaran.

Lani Darmawan, Direktur Konsumer CIMB Niaga mengatakan, perseroan membidik 500.000 tambahan rekening tabungan baru hingga akhir tahun dengan adanya aplikasi itu. Sementara saat ini, bank ini sudah memiliki 6 jutaan nasabah tabungan.

"Dengan aplikasi online ini, kartu bisa diambil di cabang yang dipilih. Namun, tanpa kartu juga bisa tarik setor tunai ATM dengan Go-mobile dan juga trans di merchant dengan QR , akses bisa ke tabungan, rekpon e-wallet, kartu kredit," jelas Lani.

Sementara PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100) dan PT BRI Syariah Tbk (BRIS) baru berencana meluncurkan layanan buka rekening secara online dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara bank lain yang sudah terlebih dahulu melakukan inovasi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI, anggota indeks Kompas100) aplikasi BRImo dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN, anggota indeks Kompas100) lewat aplikasi bernama Jenius

Senior Vice President Retail Deposit Product & Solution Bank Mandiri Muhamad Gumilang mengatakan, pihaknya akan meluncurkan pembukaan rekening dari seluler dalam dua bulan ke depan. Dia bilang, pendekatan yang akan dipakai akan berbeda dengan bank lain. "Saya belum bisa ungkap detailnya, hanya saja approach yang diambil bank mandiri itu akan yang pertama di Indonesia, belum pernah dipakai bank lain," katanya.

Dengan layanan anyar itu, pria yang akrab disapa Gugie itu mengklaim, pembukaan rekening bisa dilakukan hanya dalam waktu 12 menit. Saat ini, total jumlah kartu debit di Bank Mandiri mencapai 17 juta.

Sementara BRI Syariah menargetkan peluncuran aplikasi pembukaan rekening secara online akan dilakukan September 2019 mendatang. "Nanti ini akan kami buat menu baru di BRIS Online." ungkap Ngatari, Direktur Utama BRI Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×