kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,01   -18,50   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, berikut jadwal pemblokiran kartu debit magnetik BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri


Jumat, 28 Mei 2021 / 14:52 WIB
Catat, berikut jadwal pemblokiran kartu debit magnetik BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri
ILUSTRASI. Nasabah menggunakan ATM di salah satu galeri ATM di pusat perbelanjaan Tangerang Selatan, Minggu (22/11). Ini jadwal pemblokiran kartu debit magnetik BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri. KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/11/2020.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Berbagai bank di Indonesia, termasuk BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri, sudah menentukan batas waktu penggunaan kartu debit berbasis magnetic stripe. 

Hal tersebut selaras dengan aturan Bank Indonesia (BI), yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis cip pada akhir 2021. 

Setiap bank memiliki batas waktu yang berebeda terhadap layanan penukaran kartu debit magnetik. 

Berikut jadwal batasan penukaran kartu debit magnetik menjadi berbasis cip, di 4 bank raksasa nasional: 

Baca Juga: Nasabah Bank Mandiri tak akan dikenakan biaya di ATM Link, ini ketentuannya

1. BCA 

Bank swasta terbesar di dalam negeri ini memberikan tenggat waktu penukaran kartu ATM magnetik menjadi kartu ATM cip paling lambat sebelum 1 Januari 2022. 

Jika lewat dari tanggal tersebut, maka kartu ATM BCA yang lama berbasis magnetik tidak dapat digunakan kembali untuk bertransaksi. 

Untuk layanan penukaran kartu debit, BCA memberikan dua opsi kepada nasabah, yakni melalui Customer Service (CS) atau di CS digital, layanan untuk melakukan transaksi perbankan terkait layanan dalam satu mesin secara self service di kantor cabang. 

2. BRI 

BRI memberikan batas akhir penukaran kartu debit magnetik menjadi berbasis cip hingga tanggal 31 Desember 2021. Penukaran kartu ATM BRI lama dapat dilakukan di unit kerja BRI yang tersebar di seluruh Indoensia. 

Mekanisme penukaran kartu ATMbtidak dikenakan biaya alias gratis. Nasabah hanya perlu membawa kartu ATM BRI magnetic stripe dan kartu identitas.

Baca Juga: Transaksi di ATM Link bakal berbayar, simak biaya transaksi di ATM BNI




TERBARU

[X]
×