kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah literasi investasi rendah, Moduit kolaborasi dengan UWKS


Sabtu, 21 Agustus 2021 / 13:52 WIB
Cegah literasi investasi rendah, Moduit kolaborasi dengan UWKS
ILUSTRASI. CEO dan Founder Moduit, Jeffry Lomanto, memberikan paparan mengenai aplikasi Moduit Advisor


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk meningkatkan literasi investasi di kalangan anak muda, fintech Moduit dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) bekerja sama mengadakan kegiatan pendidikan literasi investasi.

Moduit, sebagai Digital Private Wealth Management Platform, sebuah perusahaan investasi daring yang terintegrasi, mengadakan kolaborasi pendidikan literasi investasi bersama Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) yang diadakan pada 10 Agustus sampai 14 Oktober 2021 dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang investasi dan pasar modal.

Kegiatan literasi pendidikan yang dibalut dalam kursus singkat ini dibentuk dalam rangka mendukung program pemerintah, khususnya kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka yang diluncurkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan diambil secara bebas.

Dalam kegiatan kolaborasi literasi investasi ini, Moduit, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang investasi, menghadirkan berbagai praktisi investasi untuk membantu memberikan materi kepada mahasiswa UWKS.

Baca Juga: Fintech Wealth Management mendorong perkembangan investor pasar modal

Materi-materi yang diajarkan antara lain ialah Konsep Investasi dan Pasar Modal, Saham, Risiko Investasi dan Pengambilan Keputusan, Analisis Fundamental & Teknikal, Analisis Investasi, serta Industri Wealth Management.

Chief Marketing Office (CMO) Moduit, Stefanus Adi Utomo, menjelaskan bahwa kegiatan literasi investasi ke berbagai kampus ini untuk meningkatkan pemahaman dasar kepada mahasiswa tentang dasar-dasar dari praktek dan kerja industri investasi dan pasar modal.

“Kami ingin membantu para mahasiswa dan mahasiswi UWKS, bahkan beberapa kampus lain mengenai pengetahuan investasi. Ini penting, mengingat banyak pihak yang kesulitan mengelola investasi dengan baik,” tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (21/8).

Berdasarkan pengalaman berbagai pihak, kata Stefanus, terdapat faktor yang dapat menyebabkan seseorang gagal dalam berinvestasi. Karena itu, mempelajari investasi merupakan suatu hal yang penting bagi orang-orang yang ingin mengelola hasil pendapatannya dengan baik.

“Kita bisa lihat, biasanya banyak yang gagal dalam investasi karena beberapa hal, antara lain tidak memiliki tujuan, tergesa-gesa, tidak belajar faktor risiko, tidak diversifikasi investasi, dan tidak memiliki penasihat keuangan,” ujar Stefanus.

Menurut Moduit Advisor, Zanira Hanifah, yang turut memberikan materi wealth management ini, kolaborasi literasi investasi ini untuk meningkatkan pemahaman pembelajar tentang pentingnya investasi.

“Kita melihat, generasi muda rentan secara finansial. Diharapkan dengan adanya literasi ini, mereka dapat mempersiapkan diri di masa depan, khususnya dari sisi finansial,” katanya.

Baca Juga: Ajak penasihat keuangan bergabung, Moduit luncurkan aplikasi Moduit Advisor

Selain itu, manfaat belajar investasi juga dapat mendorong seseorang memiliki dana darurat dan merdeka secara finansial dalam kondisi apapun.

Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum dan Teknik Pembelajaran UWKS, Endang Retno Wedowati menambahkan, kolaborasi yang dilakukan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

“Pengetahuan mahasiswa tentang literasi keuangan masih minim. Karenanya diperlukan edukasi ini. Mahasiswa bisa dapat ilmu dari praktisi langsung,” ujar Duta Kampus Merdeka UWKS ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×