kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45787,20   0,76   0.10%
  • EMAS1.012.000 0,40%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

CIMB Niaga telah kembangkan API guna perkuat digitalisasi perbankan


Rabu, 23 September 2020 / 17:52 WIB
CIMB Niaga telah kembangkan API guna perkuat digitalisasi perbankan
ILUSTRASI. Nasabah sedang bertransaksi menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile di salah satu merchant mitra CIMB Niaga di Jakarta. CIMB Niaga terus menyempurnakan platform perbankan digital, khususnya dalam penyesuaian Adaptasi Kebiasaan Baru. Mulai dari OCTO Mobile yang


Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Penggunaan aplikasi berbasis digital saat ini dinilai telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, karena dapat mempermudah dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari, mulai dari berbelanja, membayar tagihan, serta memesan makanan ataupun transportasi. Bahkan kini hampir semua prosesnya dapat dilakukan secara praktis tanpa perlu keluar dari aplikasi yang digunakan, termasuk pembayaran yang melibatkan perbankan.

Kemudahan itu dimungkinkan karena aplikasi tersebut telah mengadopsi produk dan layanan pembayaran milik perbankan ke dalam sistemnya melalui Application Programming Interface (API). Seperti diketahui, API merupakan platform open banking yang dapat memfasilitasi mitra bisnis, antara lain e-commerce, financial technology (fintech), start-up, dan perusahaan lainnya, untuk mengakses informasi dan mengintegrasikan produk serta layanan Bank ke dalam platform digitalnya.


Keberadaan API kian penting termasuk bagi industri perbankan, salah satunya PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), karena diyakini dapat membuka akses nasabah terhadap layanan perbankan melalui platform digital mitra. Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini secara aktif mengembangkan CIMB Niaga API untuk memperkuat transformasi dan digitalisasi yang terus dilakukan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan nasabah untuk bertransaksi dari berbagai channel, termasuk dari aplikasi yang biasa dipakai.

Head of Digital Business Development CIMB Niaga Anton Hermawan mengatakan, sejalan dengan aspirasi menjadi perbankan digital terdepan di Indonesia, CIMB Niaga senantiasa adaptif dan agile terhadap perubahan ekosistem digital. Karena itu, CIMB Niaga membuka ruang kolaborasi kepada perusahaan-perusahaan e-commerce, fintech, maupun start-up melalui platform CIMB Niaga API agar dapat mencapai tujuan bersama, yaitu memberikan layanan yang maksimal untuk masing-masing customer.

“Pengembangan API memberi peluang yang lebih besar untuk memperluas akses masyarakat terhadap layanan perbankan. Dengan terus bertambahnya mitra yang bekerjasama untuk menggunakan CIMB Niaga API, nasabah akan diuntungkan karena menjadi lebih leluasa dan memiliki banyak pilihan dalam mengakses produk dan layanan kami, termasuk dari aplikasi lain,” kata Anton di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Anton menjelaskan, salah satu produk CIMB Niaga yang memanfaatkan keunggulan API yaitu OCTO Cash. Inovasi ini memungkinkan nasabah untuk menyelesaikan transaksi pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman cukup dari satu aplikasi e-commerce yang telah bermitra dengan CIMB Niaga. Meskipun melakukan pembayaran dari aplikasi non-bank, nasabah tidak perlu khawatir karena penggunaan API memungkinkan terjaganya keamanan transaksi. OCTO Cash semakin melengkapi channel pembayaran digital Perseroan yang sudah tersedia, seperti OCTO Mobile dan OCTO Clicks.

Pengembangan API di CIMB Niaga tak hanya untuk melayani transaksi pembayaran. Teknologi ini juga dimanfaatkan untuk memudahkan pembukaan rekening secara digital langsung dari platform perusahaan fintech lending dan sekuritas yang telah menjadi mitra CIMB Niaga. Dengan begitu, masyarakat bisa membuka rekening investasi melalui fintech lending ataupun perusahaan sekuritas tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Menurut Anton, implementasi API untuk memfasilitasi berbagai produk dan layanan CIMB Niaga pada aplikasi mitra bisnis dapat meningkatkan efisiensi, mendorong inovasi dan kompetisi yang kondusif, serta mempercepat inklusi keuangan. “Di tengah situasi yang masih menantang akibat pandemi COVID-19, pemanfaatan teknologi API tersebut sangat relevan karena dapat mendukung transaksi yang sehat dan aman tanpa harus keluar rumah atau bersentuhan fisik dengan benda lain,” ujar Anton.

Dengan beragam manfaat tersebut, Anton mengajak pelaku ekonomi digital untuk bersinergi mengembangkan aplikasi bersama CIMB Niaga API yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mitra. Selain itu, para mitra yang menggunakan CIMB Niaga API juga dapat memperoleh keuntungan lainnya, seperti berinteraksi dengan komunitas developer dari berbagai partner CIMB Niaga, akses free untuk mencoba API melalui sandbox Perseroan, dukungan penuh dari tim CIMB Niaga API, dan tersedianya dokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami, serta dapat diakses kapan saja melalui portal CIMB Niaga API.

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk menerapkan open banking, ke depan CIMB Niaga akan memperluas digital partnership, baik dengan perusahaan start-up, fintech, maupun perusahaan lainnya. “Dengan begitu, nasabah tetap dapat memanfaatkan produk dan layanan kami meskipun menggunakan berbagai aplikasi untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Kami akan terus mengembangkan API guna memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah serta masyarakat dalam mengakses produk dan layanan CIMB Niaga,” tambah Anton.

Beragam inovasi yang dikembangkan melalui platform API ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan CIMB Niaga untuk memberikan layanan perbankan optimal dalam berbagai kondisi. Atas konsistensinya, CIMB Niaga berhasil mendapatkan penghargaan ‘The Most Helpful Bank during COVID-19 in Indonesia’ dari The Asian Banker. CIMB Niaga dinilai sebagai Bank yang paling peduli dan memiliki perhatian besar untuk membantu nasabah (helpful) pada situasi yang sulit saat ini. Perusahaan juga dipandang mampu merespon tantangan COVID-19 dengan baik melalui produk dan layanan yang sesuai kebutuhan nasabah.

Anton menambahkan, upaya untuk senantiasa meningkatkan customer experience tersebut merupakan persembahan dalam rangka ulang tahun CIMB Niaga yang ke-65 pada 26 September mendatang. “CIMB Niaga berusaha untuk terus berperan aktif melayani masyarakat Indonesia. Salah satunya kami wujudkan melalui inovasi produk dan layanan, termasuk CIMB Niaga API,” tutup Anton.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×