kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengguna Octo Clicks bisa atur keuangan lewat fitur Personal Financial Management


Jumat, 18 September 2020 / 19:21 WIB
Pengguna Octo Clicks bisa atur keuangan lewat fitur Personal Financial Management
ILUSTRASI. Solusi Pengelolaan Keuangan dari OCTO Clicks Nasabah CIMB Niaga sedang memanfaatkan fitur Personal Financial Management (PFM) di OCTO Clicks, internet banking dari CIMB Niaga. Fitur ini dapat digunakan untuk membantu menjaga kesehatan keuangan dengan mema


Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - . Kemampuan mengelola keuangan yang baik kini menjadi semakin penting di tengah situasi perekonomian yang menantang akibat pandemi COVID-19. Dengan kemajuan teknologi, sejatinya setiap orang bisa mengelola keuangannya didukung berbagai layanan berbasis digital.

Salah satu layanan tersebut adalah OCTO Clicks, internet banking dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang dirancang untuk melayani nasabah dengan kebutuhan transaksi keuangan yang lebih kompleks. Mengusung fungsi personal financial management (PFM), OCTO Clicks bisa membantu nasabah menjaga kesehatan keuangan dengan memanfaatkan tiga fitur utama yaitu My Assets, My Cashflow, dan My Goals.

Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan, ketiga fitur tersebut memberikan gambaran yang lengkap mengenai kondisi keuangan nasabah. “Dengan informasi yang akurat berdasarkan history keuangan yang tercatat di CIMB Niaga dalam enam bulan terakhir, nasabah dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan finansial yang tepat,” kata Bambang di Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Bambang menjelaskan, fitur My Assets menyajikan data ringkasan portfolio aset yang dimiliki nasabah di CIMB Niaga seperti Rekening Tabungan/Koran, Deposito Berjangka, dan Investasi. Dari informasi tersebut, nasabah dapat menganalisa perkembangan jumlah aset dalam enam bulan terakhir.

Adapun melalui fitur My Cashflow, OCTO Clicks memberikan kemudahan kepada nasabah dalam memonitor pemasukan dan pengeluaran. Selain memperlihatkan transaksi pemasukan, fitur ini juga dapat melacak seluruh rincian transaksi pengeluaran mulai dari transfer, pembelian isi ulang dan pembayaran tagihan, penarikan tunai, dan transaksi lainnya. Dengan rincian transaksi yang lengkap, nasabah bisa mengevaluasi pos-pos pengeluaran tersebut.

“Melalui fitur ini, nasabah juga bisa mengatur jumlah anggaran bulanan melalui menu ‘Buat Anggaran’. Setelah ditetapkan, perbandingan antara anggaran dan total pengeluaran akan terlihat di dashboard. Harapannya, pengeluaran bulanan menjadi bisa lebih terkontrol,” ujar Bambang.

Setelah mengetahui posisi keuangan, baik aset, pemasukan, maupun pengeluaran, nasabah bisa membuat rencana untuk mencapai target finansial melalui fitur My Goals. Untuk membuat target keuangan, nasabah dapat mengakses menu My Goals, lalu memilih rekening yang akan digunakan untuk mencapainya.

Apabila rekening tabungan yang menjadi pilihan sudah dibuat, nasabah bisa mengisi jumlah dana yang diperlukan untuk mencapai target tersebut dan menetapkan waktu pencapaiannya. Selanjutnya agar target tersebut dapat diraih sesuai jadwal, maka nasabah dapat mulai menabung secara rutin. Menariknya, fitur ini akan menampilkan persentase yang mencerminkan perkembangan dari pencapaian target finansial yang telah ditetapkan.

Langkah Mudah Mengakses PFM

Fitur-fitur PFM mulai dari My Assets, My Cashflow, dan My Goals bisa diakses dengan mudah oleh nasabah, karena berada di halaman utama OCTO Clicks setelah nasabah login. Tampilan dashboard dari ketiga fitur tersebut juga dapat dipersonalisasi oleh nasabah, sehingga semakin menarik sesuai pilihan masing-masing. Cukup dengan login ke OCTO Clicks, maka nasabah dapat langsung melihat dashboard dan memilih 2 dari 3 fitur PFM yang ingin ditampilkan dengan visualisasi grafis ringkasan untuk masing-masing kategori.

Untuk login ke OCTO Clicks, nasabah cukup mengakses www.octoclicks.co.id, kemudian mengisi User ID dan password. Agar tetap aman dalam bertransaksi, nasabah harus selalu menjaga kerahasiaan User ID, Password, OTP dan PIN serta tidak diperkenankan memberitahukan kepada siapa pun dengan alasan apapun termasuk petugas Bank.

Beragam kemudahan dari OCTO Clicks tersebut sejalan dengan komitmen berkelanjutan CIMB Niaga untuk memberikan layanan perbankan optimal dalam berbagai kondisi. Atas upaya tersebut, CIMB Niaga berhasil mendapatkan penghargaan ‘The Most Helpful Bank during COVID-19 in Indonesia’ dari The Asian Banker. CIMB Niaga dinilai sebagai Bank yang paling peduli dan memiliki perhatian besar untuk membantu nasabah (helpful) pada situasi yang sulit saat ini. Perusahaan juga dipandang mampu merespon tantangan COVID-19 dengan baik melalui layanan dan produk yang sesuai kebutuhan nasabah.

Bambang menambahkan, upaya meningkatkan customer experience melalui fitur-fitur OCTO Clicks terbaru merupakan persembahan dalam rangka ulang tahun CIMB Niaga yang ke-65 pada 26 September mendatang. “CIMB Niaga berkomitmen untuk terus berperan aktif melayani masyarakat Indonesia. Salah satunya kami wujudkan dengan konsisten memberikan inovasi melalui produk dan layanan, seperti OCTO Clicks,” tutup Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×