kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citibank Indonesia dorong wirausahawan muda berorientasi lingkungan


Jumat, 18 Desember 2020 / 17:11 WIB
 Citibank Indonesia dorong wirausahawan muda berorientasi lingkungan
ILUSTRASI. Citibank Indonesia mendorong wirausahawan muda memiliki orientasi lingkungan.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Citibank Indonesia bersama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggagas Youth Ecopreneurship Initiative (YEI)  yakni program untuk menumbuhkan kewirausahaan muda kepada 8.269 pelajar SMA/SMK di lima kota besar. Program ini telah berhasil melahirkan 25 bisnis baru ramah lingkungan yang beromzet total lebih dari Rp 214 juta selama beroperasi dalam waktu sekitar lima bulan sampai tujuh bulan.

Program ini diadakan Citibank Indonesia mengingat Indonesia merupakan negara keempat tertinggi penghasil emisi gas rumah kaca terbanyak di dunia  Sektor industri turut menjadi kontributor dampak lingkungan yang buruk tersebut. Kewirausahaan berorientasi lingkungan (ecopreneurship) menjadi langkah krusial mengurangi pencemaran dan menjaga kelestarian alam Indonesia.

Sementara generasi muda Indonesia memiliki kepedulian tinggi terhadap isu lingkungan. Studi Cambridge Global Perspective mendapati bahwa 21% pelajar Indonesia (usia 13 tahun-19 tahun) melihat polusi lingkungan, termasuk sampah plastik, merupakan permasalahan besar global. Sementara 93% menyatakan akan mengambil aksi untuk menangani isu tersebut.

Temuan World Economic Forum (WEF) juga memperlihatkan perhatian positif lainnya bahwa generasi muda Indonesia memiliki aspirasi besar untuk berwirausaha (35,5% rasio tertinggi dibandingkan negara-negara ASEAN).

Baca Juga: Kuartal III 2020, laba bersih Citibank Rp 1,9 triliun

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A. Anjungsari mengatakan, pihaknya bersama dengan PJI menggagas YEI 2020 untuk menjembatani tingginya kepedulian generasi muda Indonesia terhadap lingkungan sekitar dengan kian meningkatnya minat mereka untuk berwirausaha.

"Pemberdayaan generasi muda memang telah menjadi fokus kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia, terutama dalam ranah edukasi, literasi keuangan dan keterampilan dasar kewirausahaan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (18/12).

Ia bilang, YEI 2020 ini sejalan dengan prakarsa global Citi dan Citi Foundation: Pathways to Progress, mendorong percepatan ekonomi bagi generasi muda. Citi Bank Indonesia berharap program tersebut bisa memberi pendekatan kepada anak muda Indonesia untuk semakin mantap berkiprah jadi wirausaha, yang tak hanya berorientasi kuat pada pengembangan bisnis tetapi juga kelestarian lingkungan.

Prakarsa kewirausahaan muda  telah dilakukan Citibank Indonesia sejak tahun 2014 dan  telah memberi manfaat kepada lebih dari 55.000 pelajar dari 169 SMA/SMK di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Medan. Untuk YEI 2020, kota Medan tidak diikursertakan. Selama program, para pelajar berkesempatan untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman bisnis secara komprehensif dengan mengoperasikan usaha mikro yang berorientasi lingkungan.

Sementara Co-Founder & Academic Advisor PJI, Robert Gardiner, optimistis  Youth Ecopreneurship Initiative turut andil melahirkan para ecopreneur andal yang jeli menangkap peluang dan mampu mengelola usaha secara bertanggung jawab yang siap mengaplikasikan praktik bisnis berkelanjutan guna meningkatkan kebermanfaatan mereka bagi kelestarian alam Indonesia.

Salah satu kelompok pelajar dibawah arahan YEI adalah pelajar SMA Karangturi Semarang. Berangkat dari kekhawatiran terhadap polusi udara akibat pembakaran kayu, mereka mendirikan perusahaan siswa D’Eagle SC yang memproduksi PlayIt! – papan permainan unik sekaligus edukatif dengan material  limbah kayu bekas.

Kesuksesan produk PlayIt! menempatkan D’Eagle SC sebagai pemenang Indonesia Student Company of the Year Competition 2020 dan akan mewakili Indonesia dalam ajang JA Asia Pacific Company of the Year Competition tahun depan.

Stevia Anlena Putri, President D’Eagle SC mengatakan Youth Ecopreneurship Initiative telah memacu merekan untuk bisa peka membaca peluang serta merealisasikan gagasan ke dalam praktik bisnis yang nyata. Tak melulu mengedepankan untung rugi, tetapi  juga mengutamakan imbasnya terhadap keberlanjutan lingkungan. "Jika generasi muda Indonesia mau bergerak bersama-sama menjadi ecopreneur, kami percaya kemajuan ekonomi dan kelestarian alam Indonesia dapat terwujud,” ujarnya.

Selanjutnya: Citi Indonesia kasih dana hibah Rp 9 miliar mendukung generasi muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×