kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citibank luncurkan layanan pintar untuk pengusaha


Selasa, 16 Juni 2015 / 17:18 WIB
Citibank luncurkan layanan pintar untuk pengusaha


Reporter: Djumyati Partawidjaja | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Tanpa sistem IT memadai, pengusaha pastinya akan kewalahan menyelesaikan penjualan dengan frekuensi tinggi. Apalagi penjualan ritel yang banyak rincian detail dalam invoice kepada banyak pelanggan. Kalau ada ribuan pelanggan dengan masing-masing transaksinya tiap hari, bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan untuk menyelesaikan semua “masalah” tersebut.

Tak heran bank-bank yang terbiasa dengan transaksi berfrekuensi tinggi menawarkan produk-produk untuk bisa menyelesaikan masalah para pengusaha tersebut. Bank-bank tersebut mengendus masalah ini bisa menjadi bisnis tersendiri untuk mereka. Bank biasanya menyediakan jasa semacam cash management, untuk menyelesaikan semua masalah printilan tersebut.

Produk yang paling baru adalah e-RMS (e-Reconciliation Matching System) yang diluncurkan Citi Indonesia minggu lalu. E-RMS ini bisa membuat rekonsiliasi terhadap penerimaan pembayaran dari distributor atau pelanggan dari nasabah korporasi secara otomatis. Menurut Abdul Jalil Jalalludin, Director, Asia Pasific Corporate Payments & Receivables, Treasury and Trade Solutions, Citi. Layanan ini bisa membuat para nasabah korporasi Citi lebih cepat melakukan rekonsiliasi transaksinya.

Seperti apa sih persisnya bentuk e-RMS ini? Berikut ini keterangan dari Citibank kepada KONTAN yang kami sajikan dalam bentuk tanya jawab:

Apakah layanan ini akan diberikan kepada semua nasabah corporate Citibank? Ada berapa banyak jumlahnya?

Layanan e-Reconciliation Matching System (e-RMS) sudah dapat digunakan oleh seluruh nasabah korporasi Citibank yang memerlukan. Platform yang digunakan untuk menunjang layanan ini adalah CitiDirect.

Saat ini terdapat kurang lebih 2.000 nasabah korporasi Citibank Indonesia, di mana sebagian besar adalah nasabah pengguna aktif CitiDirect. (Platform berbasis Web Citibank yang menempatkan fungsi corporate banking di satu tempat). 

Apakah ada syarat-syarat tertentu untuk bisa mendapatkan layanan ini?

Untuk menggunakan layanan ini, perusahaan dapat dengan mudah melakukan pembukaan rekening sebagai nasabah korporasi Citibank. Selanjutnya mengajukan proses layanan e-RMS dan CitiDirect.

Nasabah corporate di sektor bisnis apa yang jadi sasaran layanan ini?

Pada dasarnya layanan ini dapat digunakan oleh nasabah dari semua sektor bisnis yang memiliki penerimaan pembayaran dengan proses identifikasi pengirim dana dan rekonsiliasi atas invoice tagihan dengan volume yang cukup tinggi.

Citibank mengerti kendala yang dihadapi para nasabah korporasi dalam upaya meningkatkan efisiensi cash management. Khususnya dalam proses identifikasi dan rekonsiliasi penerimaan dana dari pihak pembayar yang saat ini masih banyak dilakukan dengan cara manual dan membutuhkan banyak waktu serta tenaga kerja. Dengan layanan e-RMS, nasabah dapat mempercepat proses rekonsiliasi dan mengalokasikan tenaga kerja ke arah yang lebih efisien, seperti proses revenue generator bagi perusahaan.     

Bisakah diberikan gambaran, bagaimana layanan ini bisa memberikan banyak kemudahan dalam proses bisnis perusahaan?

e-RMS adalah bentuk layanan rekonsiliasi bagi perusahaan untuk mengidentifikasi penerimaan pembayaran atas invoice tagihan yang diterbitkan ke pada pihak pembayar di mana Citibank akan menginformasikan penerimaan dana dan invoice yang dibayarkan secara otomatis sehingga perusahaan tidak perlu melakukan proses identifikasi dana secara manual dan mengalokasikan tagihan invoice yang bersangkutan.

Salah satu fitur baru yang dimiliki oleh e-RMS adalah teknologi SmartPDF di mana fitur ini akan mengirimkan email yang berisi daftar tagihan invoice ke pihak pembayar. Pihak pembayar dapat dengan mudah melakukan konfirmasi atas invoice tagihan yang akan dibayarkan dengan merespons melalui email tersebut. Selanjutnya pihak pembayar dapat melakukan pembayaran secara normal ke rekening nasabah di Citibank dari bank mana pun.

Citibank akan secara otomatis mengidentifikasikan penerimaan dana di rekening nasabah dan selanjutnya melakukan rekonsiliasikan dengan informasi tagihan invoice yang telah direspons oleh pihak pembayar melalui Smart PDF. Nasabah akan menerima laporan rekonsiliasi yang dapat didownload melalui CitiDirect di mana laporan ini dapat diintegrasikan dengan system ERP (Enterprise Resource Planning) perusahaan nasabah.

Dengan SmartPDF nasabah dapat melakukan peningkatan efisiensi dengan mempercepat proses rekonsiliasi sehingga dapat mempersingkat DSO (Days Sales Outstanding) dan mengalokasikan sumber tenaga kerja yang saat ini digunakan untuk melakukan proses rekonsiliasi dan konfirmasi secara manual ke proses lain yang lebih mendukung produktivitas perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×