kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,96   4,38   0.49%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Commonwealth kenalkan women investment series


Selasa, 11 November 2014 / 13:58 WIB
Commonwealth kenalkan women investment series
ILUSTRASI. Salah satu lansekap hutan Bujang Raba di Gunung Pulong dari Lapangan Rindu, Dusun Sungai Telang, Bahtin III Ulu, Bungo (7 Maret 2023)


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Commonwealth Bank Indonesia, anak perusahaan Commonwealth Bank Australia (CBA) Group memperkenalkan Women Investment Series (WISE), sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia, melalui kegiatan edukasi melalui berbagai jalur komunikasi.

Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia Tony Costa menjelaskan, WISE adalah gerakan sadar keuangan dari perempuan, untuk perempuan, yang akan menjadi wadah komunikasi untuk bertukar informasi dan pengetahuan seputar keuangan dalam kehidupan pribadi, keluarga dan bisnis.

Saat ini, kata Tony, perempuan memegang peran penting dalam berbagai keputusan keuangan baik rumah tangga maupun bisnis. "Contohnya, 51% keuangan keluarga dilakukan oleh perempuan, 33% usaha kecil di Indonesia dimiliki oleh perempuan dan tingkat penggunaan produk dan jasa keuangan perbankan mencapai 57%," ucap Tony di Jakarta, Selasa (11/11).

Namun demikian, lanjut Tony, hal ini tidak sejalan dengan tingkat pemahaman keuangan perempuan. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, saat ini tingkat literasi keuangan perempuan Indonesia relatif rendah pada angka 19% jika dibandingkan dengan pria, yaitu sebesar 25%.

"Oleh karena itu, program edukasi WISE akan dirancang secara khusus bagi perempuan dan memiliki sasaran terukur yang akan dipantau secara berkesinambungan. Program ini akan menyasar berbagai profesi perempuan baik profesional, ibu rumah tangga, pemilik usaha dan sebagainya," jelas Tony.

Selain sebagai program edukasi, gerakan WISE didukung oleh Advisory Board atau Dewan Penasehat yang terdiri dari perempuan profesional sukses Indonesia yang akan berpartisipasi aktif dalam pengembangan program WISE.

Anggota Dewan Penasehat itu adalah Kusumaningtuti S. Soetiono yang merupakan Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Friderica Widyasari Dewi yang merupakan Direktur Bursa Efek Indonesia, Suwartini yang merupakan Komisaris Independen Commonwealth Bank Indonesia, Rian E. Kaslan yang merupakan Executive Vice President Head of Wealth Management dan Business Strategy Commonwealth Bank Indonesia dan juga Hazrina R. Dewi yang merupakan Head of Equity First State Investment Indonesia.

"WISE merupakan wujud dari komitmen kami dalam mendukung program nasional yang diprakarsai oleh OJK untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan di Indonesia dan juga mencapai kesejahteraan finansial perempuan Indonesia," ucap Tony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×