kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Dana Pensiun Astra alokasikan 30% investasi di pasar saham


Jumat, 02 November 2018 / 16:39 WIB
Dana Pensiun Astra alokasikan 30% investasi di pasar saham
ILUSTRASI. Ilustrasi Dana Pensiun

Berita Terkait

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penetrasi industri dana pensiun di instrumen saham masih rendah. Terlebih volatilitas pasar membuat investasi di keranjang ini bukanlah perkara mudah.

Direktur Dana Pensiun Astra I Chairi Pitono mengakui investasi di saham memang cukup menantang. Namun naik-turunnya kinerja investasi adalah hal lumrah mengikuti tren pasar. Karenanya kondisi tersebut tak menyurutkan Dan Pensiun Astra untuk berinvestasi di instrumen ini.


Toh secara jangka panjang hasil yang didapat lebih menguntungkan. Asal selalu disesuaikan dengan asset liability matching.

Karena itu, Chairi menyebut porsi investasi Dana Pensiun Astra di saham terbilang cukup besar yakni sekitar 30%. Porsi sebesar itu berada di bawah obligasi pemerintah yang punya share sebanyak 35%.

Di sisi lain, penempatan dana di deposito hanya sebesar 10% dari total dana kelolaan. "Bagi kami deposito memang bukan sebagai instrumen investasi, melainkan sebagai penyangga untuk pembayaran manfaat pensiun yang akan jatuh tempo," ungkapnya.



Video Pilihan

TERBARU

×