Sumber: KONTAN | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. PT Bank Danamon Indonesia Tbk berniat menjadi pemain utama di layanan internet banking. Bank Danamon menargetkan lebih dari 10% nasabah mereka akan menggunakan layanan online banking di tahun ini.
Executive Vice President Retail Banking Bank Danamon Wicahyo Ratomo mengatakan, pengguna layanan perbankan internet di tanah air masih sekitar 10% dari total nasabah bank. Persentase ini masih kecil jika dibandingkan dengan pengguna online banking di Thailand yang mencapai 20% dari seluruh nasabah. "Sedangkan persentase onliner di Singapura mencapai 80%," katanya.
Saat ini, total nasabah ritel Bank Danamon sekitar 1 juta nasabah. Wicahyo menambahkan, jumlah yang menggunakan fasilitas online banking tidak sampai 100.000 orang.
Wicahyo mengakui, target Bank Danamon termasuk optimistis mengingat mereka baru meluncurkan layanan internet banking kurang lebih dua bulan yang lalu.
Namun Wicahyo tetap yakin bisa mencapai target tersebut. Soalnya, online banking Bank Danamon menawarkan berbagai kelebihan. Misalnya, registrasi yang lebih cepat dan mudah. Di bank lain, nasabah yang ingin mengakses online banking harus mendaftar di customer service kantor cabang. "Di bank kami, nasabah cukup mendaftar langsung di situs internet atau ATM, " katanya.
Banyak fitur produk online banking Bank Danamon bisa diakses melalui SMS, seperti aktivasi PIN. "Kami sudah menerapkan SMS token, jadi tak perlu hard token lagi dengan mengakses internet lewat komputer," katanya. Nasabah juga tidak dipungut biaya untuk mengakses fasilitas online banking ini.
Wicahyo berharap, fasilitas online banking Bank Danamon memberi kontribusi yang tinggi dalam pencarian nasabah baru ataupun peningkatan nilai transaksi. "Bagi bank, biaya internet banking jelas lebih murah jika dibandingkan dengan membuka kantor cabang," katanya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News